BENGKALIS (Riaulantang) – Sebanyak 249 Kepala SD, 67 Kepala SMP, 1 Kepala TK, dan 36 Pengawas SD dan Penilik Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Rabu (6/9/2017) dilantik dan diambil sumpah/janji oleh Bupat Bengkalis Amril Mukminin.

Katanya, 353 orang yang dilantik tersebut merupakan aparatur pilihan yang terpilih yang akan mampu menunaikan amanah yang diberikan tersebut.

“Bapak dan ibu semua, adalah santan terbaik dari perasan butir-butir kelapa yang paling baik mutunya”, dia memberikan tamsil.

Walau begitu, imbuhnya, dia tetap akan melakukan evaluasi kinerja mereka. Bagi yang tidak lulus evaluasi, amanah itu akan ditarik kembali.

Kapan evaluasi itu kami lakukan? Sebagaimana sistem yang berlaku dalam dunia pendidikan, sambungnya, bisa dengan mid semesteratau tiga bulan ke depan.

“Bisa juga dengan sistem catur bulan, satu semester atau satu tahun ajaran. Tergantung bapak dan ibu semua, kapan mau dievaluasi,” tegasnya.

Di bagian lain, suami Kasmarni ini menjelaskan, keberhasilan peningkatan kualitas sumber daya manusia di daerah ini, bukan hanya ditentukan pendidikan formal, tetapi juga oleh pendidikan non formal. Kesemuanya itu butuh pengawasan yang baik dan berkualitas pula.

Artinya, keberadaan pengawas sebagai supervisor kualitas pendidikan, dan Penilik PLS juga memiliki nilai yang sangat strategis sebagai pengendali mutu program pendidikan non formal.

“Tugas dan fungsi keduanya, juga tidak kalah berat dibandingkan amanah yang diemban seorang Kepala Satuan Pendidikan (Kepala Sekolah),” katanya.(hms)