Kepala KUA Mandau, H. Carles MA

DURI (Riaulantang) – Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Mandau, H Charles menjelaskan, seluruh biaya domistik keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Bengkalis ditanggung pemerintah daerah setempat.

“Alhamdulillah. Jika sebagian kabupaten/kota lain dibebankan kepada JCH yang jumlahnya sampai jutaan rupiah, untuk JCH daerah kita ditanggung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis,” jelas Charles.

Tak hanya itu, imbuhnya, Pemkab Bengkalis juga mempersiapkan panitia di sejumlah tempat. Seperti di pelabuhan Pelindo Dumai, Pelabuhan Bandar Sri Laksamana Bengkalis dan di Batam.

“Semua itu diberikan Pemkab Bengkalis sebagai salah satu bentuk dukungan dan pelayanan kepada JCH daerah ini yang harus kita syukuri bersama,” ujar Ketua IPHI Kecamatan Mandau ini.

Charles mengemukakan hal tersebut saat acara pelepasan keberangkatan JCH Kabupaten Bengkalis asal Kecamatan Mandau, Pinggir, Bathin Solapan dan Talang Muandau, Ahad, 15 Juli 2018.

Pelepasan JCH dari 4 kecamatan yang nantinya bakal tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 4 Embarkasi Batam bersama JCH Kabupate Indragiri Hulu itu ditaja di gedung Bathin Betuah, Duri, Kecamatan Mandau.

Secara resmi, pelepasan keberangkatan JCH dari 4 kecamatan yang terdiri dari 125 orang JCH laki-laki dan 105 orang JCH perempuan tersebut dilakukan Bupati Bengkalis, Amril Mukminin.

JCH Kabupaten Bengkalis yang tergabung dalam Kloter 4 ini dijadwalkan bertolak ke meninggalkan Kabupaten Bengkalis menuju Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu, 21 Juli 2018 melaui pelabuhan Pelindo Dumai, Kota Dumai.

Sedangkan bertolak ke Tanah Suci keesokan harinya, Ahad, 22 Juli 2018 sekitar pukul 09.00 WIB, Mereka bertolak ke Tanah Suci dengan menggunakan Pesawat Saudi Arabian Airlines dengan nomor penerbangan SV 5721.

Sebelum meninggalkan tanah air, para JCH tersebut terlebih dahulu menginap semalam di Asrama Haji Batam di Batam Centre, Jalan Engku Putri, Teluk Tering, Batam.(susi)