PINGGIR (Riaulantang)- Kenduri Melayu Ratib Togak di Halaman Gedung LAMR Kecamatan Pinggir Desa Balai Pungut, Kamis sore (20/12/18) berlangsung meriah.

Kegiatan yang mulai setelah ba’da ashar tersebut diawali dengan silat yang diiringi kompang serta tarian persembahan sebagai ucapan selamat datang menyambut kehadiran Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis.

H Bustami HY dalam sambutannya menegaskan Pemerintah Kabupaten Bengkalis berkomitmen untuk terus meningkatkan kegiatan keagamaan.

“Kegiatan keagamaan dan kebudayaan senatiasa kita tingkatkan, karena hal tersebut tertuang di dalam salah satu dari tujuh prioritas pembangunan sebagai penjabaran dari visi dan misi Kabupaten Bengkalis 2016-2021, yakni pengembangan budaya dan agama.” Ujar Bustami.

Terkait dengan peningkatan kualitas di bidang keagamaan, ungkapnya Pemkab Bengkalis juga sudah dan akan melakukan beberapa kebijakan baik itu berupa fisik dan non fisik.

“Beberapa kebijakan yang telah dan sedang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis saat ini tahun 2019 kita akan bangun Duri Islamic Center (DIC) yang akan menjadi sentral pendidikan dan kegiatan keagamaan dan dapat dijadikan sebagai pusat wisata religi di Kabupaten Bengkalis. Pembanguan rumah suluk, pembangunwn sekolah keagamaan dan lain,” jelas Sekda.

Untuk segi non fisik tambahnya juga telah digalakkan kegiatan magrib mengaji. Disamping itu pengembangan tilawatil qur’an melalui pelaksanaan MTQ di setiap desa/kelurahan dan kecamatan juga sudah dilakukan. Termasuk bantuan hibah pada LPTQ, bantuan untuk para guru Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA).Bantuan rumah ibadah (masjid dan mushalla), bantuan hibah untuk kampus dan perguruan tinggi pendidikan keagamaan juga sudah diberikan.

“Pesan kami kepada seluruh jama’ah yang hadir pada malam ini, masyarakat Kabupaten Bengkalis, mohon dukungannya atas seluruh program Pemerintah Daerah dibidang keagamaan. Mari kita tingkatkan rasa keimanan dan ketaqwaan kita kepada sang pencipta mengamalkan segala ajarannya dalam kehidupan sehari-hari”, pesan Bustami.

Diakhir sambutannya Mantan Plt. Kepala BPKAD Kabupaten Bengkalis tersebutjuga berpesan agar peningkatan keimanan tersebut sebagai salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari setiap upaya untuk mewujudkanK abupaten Bengkalis, negeri junjungan yang sebagai daerah yang baldatun toyyibatunwarobbun ghofur dalam lindungan dan ridho Allah SWT.

Pembukaan kegiatan Kenduri Ratib Togak ditandai dengan pemukulan gong oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis seraya membacakan “Bismillahhirrahmannirrahim”.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan olahraga Kabupaten Bengkalis Anharizal, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator di Lingkup Pemeritah Kabupaten Bengkalis, Camat Pinggir Toharuddin, Camat Bathin Slapan Azwar, Ketua LAMR Kecamatan Pinggir Al-Azmi, Ketua LAMR Kecamatan Madau Zulfikar Indra.

Turut serta seluruh Kepala Desa dan Lurah Kecamatan Pinggir serta para khalifah, masyarakat dan undangan lainnya.(susi)