BAGANSIAPIAPI (Riaulantang)- Jelang acara Bakar Tongkang, Bupati Rohil H Suyatno mengintruksikan Dinas dan Camat membersihkan Jalan lintas dan berbagai titik penting acara  bersih dari semak. Ini lantaran banyaknya tamu yang datang berkunjung ke Rohil. Termasuk pejabat tinggi Negara

Demikian dikatakan Bupati Rohil H Suyatno Kepada Riaulantang.com Jumat (9/7/2017).

“Ini acara besar, banyak tamu yang datang.  Malu kita kalau sempat jalan sepanjang Ujung Tanjung menuju Bagansiapiapi dipenuhi semak belukar. Apalagi sempat banyak yang rusak,” kata Suyatno.

Pihaknya juga meminta Dinas Pekerjaan Umum mengecek Jalan-Jalan rusak sepanjang Ujung Tanjung-Bagansiapiapi. Jika ada lobang yang besar agar ditimbun sementara.

“Timbun jangan sampai ternganga besar. Malu kita jalan rusak apalagi juga bisa membahayakan para wisatawan yang akan datang ke Bagansiapiapi,” kata Suyatno.

Khusus untuk kota Bagansiapiapi, bupati  sudah memerintahkan langsung pasukan orange Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sejak sepekan terakhir melakukan pembersihan parit, selokan dan rumput-rumput di berbagai tempat yang ada di Bagansiapiapi.

“Lokasi bakar tongkang kan setahun sekali dipakai. Jadi rumputnya harus benar-benar bersih karena menjadi lokasi puncak acara nantinya,” kata Suyatno.

Untuk panggung acara biasanya ada dua didepan pintu Areal Bakar Tongkang dan didalam. Tahun ini hanya dibuat satu saja didalam areal karena dalam keadaan  berpuasa sehingga tetamu langsung di arahkan ke panggung dalam areal.

“Kita minta dukungan semua masyarakat untuk acara ini. Kita melirik sektor wisatanya. Dengan acara ini kita bisa mengundang para pejabat tinggi untuk datang sekaligus untuk menyampikan rencana program yang bersumber dari APBN.” pungkasnya. (Jon)