DURI (Riaulantang)- Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang dipusatkan di lapangan stadion mini Pokok Jengkol Duri, Rabu pagi (02/05/2018) diisi  dengan kegiatan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku) untuk anak Paud. 

Bunda Paud Kasmarni S.Sos. MP didampingi Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, Plt Kadis Pendidikan Edi Sakura, MP, didaulat membacakan dongeng untuk ratusan murid Paud yang juga hadir pada peringatan Hardiknas itu.

Dikelilingi bocah-bocah lugu, Bunda Paud Kasmarni yang juga didampingi Ketua Himpaudi, Ketua IGTKI dan Ketua GOPTKI mulai membacakan dongeng  “Aku Tidak Mau Mandi”. 

Dongeng yang menceritakan kisah harimau kecil yang malas mandi ini menarik minat para bocah. Mereka memperhatikan seksama bunda Paudnya membacakan cerita. Usai itu, mereka pun antusias bertanya dengan bahasa lugunya.

“Bunda aku sudah bisa mandi, sudah bisa pakai baju sendiri,” ujar Shifa sambil menunjukkan tangan.

Celoteh celoteh bocah cilik ini membuat Bunda Paud tersenyum dan memberikan apresiasi bagi anak-anak PAUD yang sudah menyampaikan pendapat dan tanggapan terhadap kisah yang dibacakan.

Untuk Bunda Paudnya, perwakilan murid PAUD yang unjuk kebolehan sudah bisa membaca ini membacakan puisi dan kesan terhadap dongeng yang dibacakan Bundanya.

“Dongeng yang bunda bacakan akan selalu kami ingat,” ujar bocah PAUD ini.

Dipenghujung kegiatan Gernas Baku ini, sekitar 500 anak Paud bersama bunda Paud Kasmarni dan Bupati Amril bersama Plt Kadis Diknas dan para guru menyanyikan lagu dan goyang bersama Gemar membaca. (susi)