Bupati Bengkalis bersama anggota PWI Bengkalis

BENGKALIS (Riaulantang)- Ketua dan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bengkalis periode 2018-2021 resmi dilantik Zulmansyah Sekedang ketua PWI Provinsi Riau. Pelantikan berlangsung di Balai Kerapatan Wisma Daerah Sri Mahkota Bengkalis, Senin 17 Desember 2018.

Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengatakan terbentuknya organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ini, keberadaannya sangat penting untuk menjamin bahwa wartawan yang berada di bawah naungan PWI adalah wartawan yang profesional dan benar-benar memahami kode etik jurnalistik, sehingga wartawan yang tergabung dengan wadah organisasi PWI benar-benar wartawan berkompeten dan profesional serta dilindungi oleh undang-undang dan dewan pers.

“Kehadiran PWI hendaknya mengambil peran dalam memberikan edukasi serta pembinaan kepada wartawan sehingga mereka memahami tentang aturan UU Pers dan kode etik jurnalistik,”kata Amril.

Bupati menambahkan Pers adalah kekuatan Pilar keempat yang dapat membangun bangsa dan menyuarakan kepentingan rakyat.

“Peran wartawan sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan pembangunan, khususnya di kabupaten Bengkalis. Terutama perannya dalam membangun bangsa melalui pemberitaan pembangunan yang bersinergi dengan pemerintah”imbuhnya.

Sumbang saran dari para tokoh dan insan pers terhadap kebijakan pemerintah daerah, tambah bupati, dinilai sangat berharga untuk modal pembangunan Kabupaten Bengkalis. Karena budaya sumbang saran tersebut diharapkan mampu terus ditumbuh kembangkan secara santun dan bijak demi asa kita bersama membangun negeri dalam mensejahterakan masyarakat.

Sementara itu dalam sambutannya sebagai Ketum PWI yang baru, Alfisnardo menjelaskan visi dan misi PWI yang baru. Ia mengatakan akan mengadakan Uji Kompensi Wartawan (UKW) pada tahun 2019 di Kabupaten Bengkalis.

“Untuk tahun 2019 nanti, sesuai visi dan misi saya kita akan melaksanakan UKW di Kabupaten Bengkalis dan Alhamdulillah rencana kita ini didukung oleh Pemerintah Kaupaten Bengkalis,”kata Alfisnardo.

Adapun nama pengurus yang dilantik diantaranya Ketua Alfisnardo dari media Antarariau.com, Wakil ketua Susiyanti dari media Riaulantang.com, Muhammad Fiza Edwinsyah dari LPP RRI.co, Amat Zahir dari media Harian Posmetro Mandau dan Bachtiar Mahadir Sitorus dari media Koran Tipikor Sumatra.

Kemudian Sekretaris Adi Putra dari media Harian Rakyat Riau dan bendahara MZ.Mazwin dari media Harian Posmetro Mandau. Selanjutnya Seksi Olahraga, ketua Bambang Gusfryadi, Sekretaris M. Sabri dan Bendahara Sri Mawarti.

Seksi Keagamaan, Ketua Taufik dan anggota M. Soleh. Kemudian Seksi Seni, Budaya Pariwisata dan Lingkungan, ketua Erwin Syahputra dan anggota Budi Priyanto. Seksi Kemitraan dan Hubungan Antar Lembaga, ketua Darmayanto dan anggota Yusrizal. Seksi Kesejahteraan dan Pendidikan, ketua Suhendra dan Panji Ahmad Suhada sebaga anggota.

Seksi Hukum, Andika Maratona sebagai ketua dan perton siagian sebagai anggota. Dan terakhir Seksi Hankam, Didik Purwanto sebagai ketua dan Andrias sebagai Anggota.

Hadir pada acara pelantikan PWI tersebut, ketua PWI Pusat Atal Sembiring Depari, Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang, Plt Kepal Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Johansyah Syafri, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Yuhelmi, para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pengawas Dilingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis.(susi)