PEKANBARU (Riaulantang)- Untuk menggenjot perekonomian daerah serta memperkenalkanRiau ke mancanegara, Dinas Pariwisata provinsi Riau untuk tahun 2019 mengincar wisatawan dari negara tetangga Malaysia, Thailand dan Singapura untuk tahap awal.

Hal itu dikemukakan oleh kepala dinas Pariwisata Riau Fahmizal terkait langkah pengembangan serta mempromosikan potensi wisata yang ada di Bumi Lancang Kuning kepada wisatawan mancanegara terutama para negara jiran terlebih dahulu. Riau mengandalkan sejumlah objek wisata budaya, bahari dan lainnya yang ada di berbagai kabupaten dan kota di Riau sebagai destinasi wisata kedepannya.

“Target kita terjadi peningkatan kunjungan wisatawan dari mancanegara khususnya negara tetangga ke Riau untuk tahun 2019 ini dibanding tahun 2018. Minimal terjadi kenaikan arus wisatawan ke Riau mencapai 50 persen dibanding tahun kemarin tentunya dengan mengencarkan promosi wisata serta akses transportasi, “jelas Fahmizal, Kamis (03/01/2019).

Untuk mewujudkan target tersebut terutama wisatawan dari Malaysia,Thailand dan Singapura Dinas Pariwisata Riau menggunakan system crossborder yaitu dari lintas perbatasan. Maksudnya wisatawan dari ketiga negara jiran tersebut akan masuk Riau melalui pelabuhan-pelabuhan yang ada di kabupaten dan kota dengan posisi perbatasan meliputi kota Dumai, Kabupaten Bengkalis dan kabupaten Kepulauan Meranti.

“Para wisatawan dari ketiga negeri jiran itu nantinya selain melalui udara dari negara masing-masing mereka bisa melalui perhubungan laut dengan memanfaatkan pelabuhan-pelabuhan yang ada di wilayah perbatasan. Prioritas kita wisatawan dari ketiga negara itu bisa masuk ke Riau melalui crossborder di kabupaten dan kota perbatasan terutama si kawasan pesisir, “tambah Fahmizal.(afa)