RANTAUBAIS (Riaulantang)—Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau melalui Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman didampingi Wagubri Wan Thamrin, Bupati Rohil Suyatno AMp menebar benih ikan baung dan memberikan kartu asuransi untuk para nelayan di Kepenghuluan Rantau Bais, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rohil, Senin (21/8) sekira pukul 10.30 Wib.

Dalam penaburan benih ikan itu juga dihadiri Dirjen Kemendagri Eko Subowo, Wali Kota Dumai Zulkifli AS, mantan Gubri H. Saleh Yazid, anggota Riau Dapil Rohil, jajaran Muspida, jajaran Upika, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan lapisan masyarakat dari berbagai daerah.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau, Herman Mahmud dalam kata sambutanya menerangkan, jika benih ikan baung yang ditaburkan sebanyak 58 ribu. 

“Hal ini kita lakukan sebagai wujud rasa peduli agar penghasilan nelayan bisa meningkat, dan kartu asuransi bertujuan untuk membantu nelayan jika terjadi hal tidak diinginkan dalam mencari nafkah,” terang Herman Mahmud.

Tokoh masyarakat Rantau Bais, H. Bistamam. mengucapkan terima kasih kepada gubernur dan dinas perikanan. “Kami berharap dua tahun kedepan bisa hadir lagi di Rantau Bais untuk melihat ikan yang telah ditaburkan ini,” harap Bistamam.

Disamping itu Bistamam juga berharap kepada Pemrov Riau untuk bisa membangun jembatan plat besi ke Pulau Tila . Dengan tujuan, wisatawan di Pulau Tikan bisa lebih mudah sampai ke Pulau Tilan.

 “Tentunya, apabila akses ke Pulau Tilan mydah dotempuh akan banyak orang datang kesini yang pada akhirnya bisa meningkat perrkonomia masyarakat,” kata Bistamam.

Mewakilli masyarakat Rantau Bais, Bustamam juga mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Riau dan anggota DPRD Provinsi Riau yang telah menyisihkan anggaran untuk pembangunan jalan menuju desa Rantau Bais.

 “Dimana saat ini dari APBD Provinsi Riau itu pengaspalan jalan itu tengah dikerjakan, dan kami yakin dalam waktu dekat akan selesai, dan apabila selesai akan memudahkan kita semua keluar masuk ke kampung Rantau Bais yang kami cintai ini,” ujar Bistamam.

Bupati Rohil, H. Suyatno mengucapkan terimakasih kepada Pemrov Riau yang memiliki kepedulian kepada nelayan  di Rohil, khususnya Rantau Bais sekitarnya. Menurutnya, dengan bantuan penaburan benih ikan itu akan bisa nanti meningkatkan penghasilan nelayan.

Pada kesempatan itu Bupati juga berharap kepada Pemrov Riau bisa memperbaiki jembatan penyebrangan ke Rantau Bais. 

“Kalau tidak salah saya, jembatan itu dibangun oleh pihak PT. CPI pada tahun 1970 kemarin, yang tentunya sudah selayaknya diganti,” kata Suyatno.

Bupati juga memberikan apresiasi kepada Pjs Penghulu Rantau Bais, H. Jukizar SE MM. Karena dengan dana ADD bisa membangun jembatan terapung ke Pulau Tilan.

“Kami saja dari Pemkab Rohil tidak terpikir kesitu, oleh karenanya langkah seperti ini patut saya beri apresiasi,” ujar Suyatno.

Bupati juga menambahkan, jika masyarakat Rantau Bais berharap segera dilakukan diremsmikan Kecamatan Rantau Bais. “Segala sesuatunya sudah kita lengkapi, berhubung disini ada Gubri dan Dirjen Kemendagri, jadi mohonlah ditindak lanjuti,” harap Suyatno.

Gubri Arsyad Juliandi Rahman menjelaskan, jika Riau memiliki  800 anak sungai dan 4 sungai besar. 

“Tentunya hal ini patut kita syukuri, danmarilah kita jaga dan rawat bersama sungai kita ini,” papar orang nomor satu di Riau yang akrab disapa Andi ini.

Disamping itu Juliandi Rahman berharap, kepada seluruh nelayan untuk bisa menangkap ikan dengan baik alias tidak menggunakan alat tangkap ilegal. 

“Tentunya dengan begitu, habitat yang ada didalamnya akan bisa dinikamti oleh anak cucu kita nantinya,” ujar Andi.

Terkait apa yang dharapkan masyarakat Rantau Bais yang disampaikan Bupati Rohil H. Suyatno. Andi Rahman mengatakan, jika ia menyambut baik. 

“Pokoknya kami dari Pemprov Riau siap mendukung, tinggal saja pihak lain bagaimana bisamerelisasikannya,” kata Andi Rahman.

Usai memberikan kata sambutannya, Gubri bersama rombongan petinggi yang hadir menaburkan benih ikan baung yang telah disediakan.

(ADVERTORIAL PEMKAB ROHI/ HUMAS).