DURI (Riaulantang)- Dua tronton bertonase berat, laga kambing di Lintas Duri-Pekanbaru tepatnya di proyek perbaikan Jembatan Semunai, Km 113,  Kecamatan Pinggir,  Kamis subuh (31/08/17) sekira pukul 04.25 WIB. Akibatnya arus di Lintas Sumatera dari Duri ke Pekanbaru atau sebaliknya macet total. Kendaraan sama sekali tak bisa bergerak lantaran posisi kedua kendaran menghalangi arus lalu lintas.

Dua kendaraan tronton yang terlibat laka frontal itu masing-masing tronton  Nomor Polisi BK 8219 DY bermuatan Tandan Buah Sawit yang datang dari arah Duri menuju Pekanbaru dan Tronton bermuatan Inti Sawit bernomor Polisi B 9943 UY  dari arah Pekanbaru menuju Duri.

Menurut warga tabrakan frontal antara dua kendaraan bertonase berat itu diduga karena truk tronton  yang bergerak dari Duri menuju Pekambaru hilang kendali hingga meluncur di penurunan jelang jembatan Semunai itu. Pada saat bersamaan, arus dari arah Pekanbaru menuju Duri bergerak, hingga kedua kendaraan itu bertabrakan di tengah badan jalan.

“Tabrakannya cukup keras. Saya langsung keluar rumah, ternyata dua unit tronton sudah bertabrakan tepat diatas jembatan Air Godang yang sedang diperbaiki. Kalau korban jiwa tidak ada, namun supir truk B 9943 UYY, kedua kakinya putus dan sudah dibawa langsung ke rumah sakit, “ujar warga tersebut.

Sementara itu akibat tabrakan ini, antrian kendaraan mengular hingga puluhan kilo dari  Duri maupun arah ke Pekanbaru. Wandi salah seorang warga Duri yang tertahan di antrian itu mengaku sudah 4 jam berada di antrian.

“Sudah 4 jam kami berada diantrian dan belum ada tanda-tanda akan bergerak. Rencananya kami mau lebaran idul adha di Duri,” ujarnya.

Terkait laka ini, Kasat Lantas Poles Bengkalis, AKP Rachmat C Yusuf ketika dikonfirmasi membenarkan laka itu.

“Anggota masih evakuasi kendaraan karena macet total. Posisi kendaraannya miring tapi terus diusahakan evakuasi,” jelas Kasat.

Karena kemacetan total berlangsung sejak subuh hingga saat ini, Kasat mengaku menurunkan puluhan personil untuk mengatur lalin. Ini dimakkumi mengingat besok lebaran idul adha.

“Kemacetan berlangsung sejak pukul 06.00 WIB hingga saat ini (pukul 11.00 WIB-red). Kurang lebih 40 personil terdiri Lantas dan Polsek Pinggir dikerahkan ke lapangan,” jelas AKP Rachmat. (susi)