DURI (Riaulantang) –  Uang palsu pecahan Rp 100 ribu ditemukan di salah satu toko harian di Jalan Kawista Duri. Modusnya pelaku membelanjakan uang itu pada waktu malam hari, hingga luput dari perhatian pemilik kedai

Seperti disampaikan pemilik kedai yang enggan disebut identitasnya. Kepada Riau Lantang.com, Selasa (12/12/17)  menjelaskan uang palsu yang ditemukan tersebut terjadi pada waktu malam hari. Ada seorang remaja yang datang untuk membeli rokok. Karena kurang memperhatikan uang itu, dia langsung memberikan rokok tersebut dan mengembalikan uang kembalikan kepada remaja tadi. 

“Karena kurang memperhatikan uang tersebut saya langsung saja memberi uang kembalian. Tahunya itu uang palsu setelah tutup kedai. Saat akan menghitung uang hasil penjualan terlihat uangnya aneh. Gambar pahlawannya tidak terlihat dan juga benang keamanan yang biasa nya terdapat pada uang-uang yang dikeluarkan oleh Negaratidak terlihat sama sekali. Setelah mengetahui uang tersebut palsu, saya langsung menyisihkan uang itu dan saya bakar. Karena saya yakin uang tadi adalah uang palsu, “terangnya.

Terkait dipakainya uang palsu untuk transaksi itu,  Kapolsek Mandau Kompol Ricky Ricardo, Sik ketika dikonfirmasi mengatakan pihak kepolisian belum menerima adanya laporan uang palsu itu.

“Belum ada menerima laporan dari masyarakat. Namun  tidak menutup kemungkinan kita langsung melakukan penyelidikan. Untuk itu kita menghimbau  masyarakat Kecamatan Mandau dan Kecamatam Bathin Solapan jika mendapatkan atau menemukan uang palsu agar segera membuat laporan kepada pihak kepolisian.  Boleh kekantor polsek Mandau atau Bhabinkamtibmas agar laporan  segera ditindak lanjuti,” jelas Kapolsek.(bambang)