Sukamto Tamrin GM PGPA Assets PT. CPI

RUMBAI (Riaulantang)- PT. Chevron Pacific Indonesia (PT. CPI) terus berupaya memberikan kontribusi terhadap peningkatan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat di sekitar wilayah operasi perusahaan. Upaya tersebut dicapai melalui program-program pengembangan keterampilan guna mendorong kemandirian dan peluang kewirausahaan.

Dihadiri Kadis ESDM, SKK Migas – PT. CPI meluncurkan Program Pengembangan Keterampilan Tenaga Kerja (Workforce Development Program) pada sebuah acara yang berlangsung di Gedung Serbaguna Politeknik Caltex Riau, Rumbai, Rabu, 12 Desember.

Program ini bertujuan mendukung program pemerintah dalam pengembangankapasitas tenaga kerja dan wirausahawan melalui pelatihan dan sertifikasi.

”Melalui program pelatihan dan sertifikasi ini, para peserta diharapkan memiliki peluangyang lebih besar untuk menembus pasar kerja dan kemampuan bersaing yang lebihtinggi dalam berwirausaha,” ujar Sukamto Tamrin selaku GM PGPA Assets PT. CPI dalam sambutannya.

Program ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu Program Pelatihan dan Sertifikasi Operator Alat Berat dan Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja (AK3) Umum, dan yang kedua Program Pelatihan Kejuruan dan Wirausaha untuk bidang desain tata busana,pengolahan pangan, komputer, bengkel motor, dan pengelasan.

PT. CPI menggandeng mitra pelaksana untuk masing-masing program, yakni Politeknik Caltex Riau dan Institut Kemandirian Dompet Dhuafa.

Dalam pelaksanaannya, kedua mitra pelaksana tersebut berkerja sama dengan instansi pemerintah terkait, diantaranya Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Dinas Tenaga Kerja dan DinasPendidikan tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota di Riau.Jumlah penerima manfaat atau peserta program sebanyak 441 orang. Mereka berasal dari berbagai wilayah operasi PT. CPI di tujuh Kabupaten/Kota di Riau, yakni Bengkalis,Rokan Hilir, Rokan Hulu, Siak, Kampar, Kota Pekanbaru, dan Kota Dumai. Program iniakan berlangsung hingga Agustus 2019.

”Program kemitraan semacam ini berkontribusi terhadap peningkatan kapasitas SDM lokal sehingga memberikan manfaat secara jangka panjang bagi masyarakat Riau. Melalui program ini, kami ingin mendorong kemandirian dan peluang kewirausahaan masyarakat,’’ lanjut Sukamto.

Program Pengembangan Keterampilan Tenaga Kerja ini merupakan bagian dariprogram investasi sosial PT. CPI di bidang pemberdayaan ekonomi. Selain pemberdayaan ekonomi, bidang-bidang lain yang menjadi fokus program investasi sosial PT. CPI adalah Kesehatan, Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan, serta Lingkungan dan Keanekaragaman Hayati.

”Kami bangga atas kemitraan yang kokoh dengan pemerintah dan masyarakat Indonesia selama lebih dari 90 tahun. Kehadiran operasi kami turut berkontribusi terhadap peningkatan peluang dan kualitas lapangan kerja serta manfaat bagi masyarakat setempat melalui program investasi sosial,’’ ucap Sukamto.

Hadir dalam kegiatan itu Plt Gubri di wakili Indra Kusuma, pihak SKK Migas, peserta workforce development program dan undangan.(susi)