DURI (Riaulantang)- Didampingi Sekcam Mandau, Muhammad Rusydi, SSTP Msi, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bengkalis, Kamis pagi (14/06/19) sekira pukul 09.20 WIB turun mengantarkan bantuan sembako dan sandang untuk korban kebakaran di Duri. Bantuan diserahkan langsung dipuing-puing kebakaran di Jalan Pertanian Gang Omega, Kelurahan Duri Barat. Sejumlah korban kebakaran, tokoh masyarakat, Ketua RT dan Lurah Duri Barat, Zainab hadir di kesempatan itu.

Kepada para korban kebakaran, M Rusydi menyampaikan bantuan sembako dan sandang yang diberikan merupakan bentuk kepedulian Bupati Kabupaten Bengkalis terhadap warga yang tertimpa musibah bencana. Diharapkan bantuan ini bisa meringankan sedikit beban penderitaan korban yang kehilangan seluruh harta benda.

“Bantuan ini merupakan kepedulian Bupati Bengkalis melalui Dinas Sosial yang disalurkan hari ini. Mudah-mudahan bisa sedikit meringankan beban bapak/ibu,” ujar M Rusydi.

Disampaikan Sekcam, seyogyanya bantuan dari Dinsos akan dihadiri langsung oleh Camat Mandau Riki Rihardi. Hanya saja Camat berhalangan hadir lantaran sedang tak enak badan.

“Kemaren saat bencana, Camat turun memadamkan api dan mendatangi korban disini. Hari ini Camat juga sangar ingin hadir tapi beliau tengah sakit hingga tak bisa hadir ditengah-tengah kita. Beliau titip salam buat kita semua. Inshaallah akan ada bantuan dari pemerintah Kecamatan yang juga akan dibagikan rata untuk semua korban. Bantuan dikumpulkan dari zakat dan sumbangan ASN dan honorer di lingkungan Kecamatan Mandau yang nanti akan diantar langsung oleh Camat,” jelas Rusydi lagi.

Rusydi pun menyampaikan pihak Kecamatan Mandau siap membantu surat menyurat korban yang terbakar dalam musibah itu.

‘Urusan surat menyurat yang terbakar, inshaallah kami siap bantu sesuai kapasitas kami,” ujarnya.

Sementara itu, Kadis Sosial Bengkalis melalui Kasi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Mardiana dan Kabid Perlindungan dan Jaminan, Indrawati menjelaskan bantuan yang disalurkan merupakan gabungan bantuan dinas Sosial Bengkalis dan bantuan Kementrian Sosial yang ada di salurkan melalui Dinsos Bengkalis.

“Untuk bantuan sembako dari Dinsos Bengkalis, sementara bantuan sandang seperti selimut, matras, sajadah, kain dan lainnya merupakan bantuan Kementrian.Bantuan ini diserahkan sesuai dengan jumlah jiwa yang ada dalam satu kekuarga,” jelas Mardiana.

Disisi lain, Desi (45) salah seorang korban kebakaran menyatakan rasa terimakasih atas bantuan dan perhatian pemerintah kabupaten Bengkalis dan Kecamatan Mandau. Dia merasa sangat terbantu dengan bantuan itu karena yang tersisa saat ini hanya baju yang melekat di badannya.

“Saat ini kami numpang dirumah keluarga. Tak ada lagi yang tersisa, semuanya habis terbakar. Bantuan ini amat berguna bagi kami,” ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya dan korban lain berharap ada prioritas bantuan Rumah Layak Huni (RLH) bagi mereka yang sudah kehilangan rumah dan harta benda. Mereka sangat berharap rumah mereka bisa di bangunkan lagi dengan bantuan dari pemerintah.

“Kami harap bantuan RLH bisa diprioritaskan untuk kami,’ harapnya.

Senada dengan warganya, Lurah Duri Barat, Zainab juga menyampaikan harapan agar warganya yang tertimpa musibah kebakaran bisa diprioritaskan memperoleh bantuan RLH.

“Kalau bisa ada prioritas bantuan RLH untuk warga kami yang tertimpa musibah kebakaran ini,” ujar Zainab di hadapan Dinsos dan Sekcam Mandau.

Disampaikannya dari pendataan yang dilakukan ada 7 KK yang tertimpa bencana di Jalan Pertanian Gang Omega RT 04 RW 02 dan ada 3 ruko yang juga terimbas di Jalan Sudirman Duri.7 KK dan 3 pemilik ruko ini yang diusulkan untuk kemudian mendapat bantuan dari Dinsos Bengkalis. (susi)