DURI (Riaulantang)– Kecamatan Mandau dinobatkan sebagai terbaik I, pada penilaian Evaluasi Kinerja Kecamatan (EKK) tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2018. Atas prestasi tersebut, wilayah yang terkenal dengan penghasil minyak bumi ini berhak mewakiki Bengkalis untuk lomba EKK tingkat propinsi Riau.

Terkait penilaian ini, Tim Evaluasi Kinerja Kecamatan Tingkat Propinsi Riau, Senin (22/10/18) datang melakukan penilaian ke Kecamatan Mandau. Kedatangan Tim yang beranggotakan 4 Birokrat dan 3 Akademisi itu bertujuan menilai penyelenggaraan, pelimpahan, kewenangan dan Pelaksanaan Pemerintahan Umum.

Selain itu, koordinasi antar Desa, Kelurahan dan lembaga kemasyarakatan juga menjadi indikator penilaian yang sangat kuat serta wawancara langsung ke Kecamatan, masyarakat dan juga dokumentasi.

“Empat indikator tersebut menjadi point penting dalam melakukan penilaian. Inilah yang kami lakukan. Pengamatan langsung,”ujar Ketua Tim penilai EKK, Dr.Rahyunir Rauf.

Dikatakan Rahyunir, Kecamatan Mandau menjadi perwakilan Kabupaten Bengkalis dikarenakan menjadi kampiun dan berhak maju Ketingkat Propinsi menjadi Kecamatan ke delapan yang dikunjungi Tim EKK sebelum berakhir di Kecamatan Bagan Sinembah yang mewakili Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

Bupati Bengkalis, Amril Mukminin diwakili Asisten I, Umi Kalsum dalam sambutannya mengatakan jika Kecamatan Mandau terpilih dan mewakili Kabupaten Bengkalis setelah memenangi perjuangan panjang EKK di Tingkat Kabupaten.

“Diharapkan peran serta semua lini Kecamatan termasuk PKK, aktif dan Lembaga daerah dapat ikut memotovasi agar EKK di Tingkat Propinsi ini sukses,”ujarnya.

Terpisah, Camat Mandau, Riki Rihardi mengucapkan terimakasih kepada tim penilai EKK yang telah berkunjung ke Kecamatan dengan jumlah penduduk yang memiliki jumlah penduduk melebihi Kotamadya Dumai. Camat pun memaparkan profil Kecamatan Mandau sembari menyampaikan kelebihan mutu layanan publik di Kecamatan yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di Bengkalis ini.

“Masyarakat menyambut suka cita kedatangan Tim EKK ini. Mohon maaf atas segala kekurangan yang ada. Kami berharap masukan dan arahannya agar kedepan kami berbenah dengan harapan lebih baik lagi,”harapnya sembari terus memaparkan profil Kecamatan Mandau dihadapan Tim EKK Propinsi.

Dari acara tersebut, tampak hadir Kepala Perizinan Satu Pintu, Basuki Rahmad, Asisten I, Umi Kalsum, seluruh Lurah, Kepala desa dan Kepala UPTD se Kecamatan Mandau.(susi)