Kantor Camat Talang Muandau yang “masih menumpang” di Kantor Kepala Desa di jalan Jenderal Sudirman, Desa Beringin.

DURI (Riaulantang)– Debut perdana mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XLIII Kabupaten Bengkalis tahun 2018 di Kecamatan Bukit Batu pada 2-30 September mendatang, Kecamatan Talang Muandau siap beri kejutan. Kendati Kecamatan yang diresmikan Kamis, 9 Februari 2018 hanya mengirim 10 peserta namun mereka ingin menunjukan kiprahnya.

“Meskipun dari jumlah kami sedikit tapi kami siap engukir prestasi terbaik di MTQ XLIII. Kafilah Talang Muandau siap membuat kejutan pada debut keikutsertaan di MTQ tingkat Kabupaten Bengkalis ini,” jelas Camat Ruslan yang mulai menakhodai Talang Muandau sejak Kamis, 5 Juli 2018.

Untuk mematovasi seluruh calon anggota kafilah kecamatannya, Ruslan mewanti-wanti agar kecamatan lain yang bakal ikut dengan jumlah kontingen jauh lebih besar, agar tidak memandang sebelah mata duta-duta dari Talang Mandau.

“Sekali-kali jangan remehkan kontingen kami yang kecil jumlahnya. Meskipun kami kecil secara kuantitas, tapi dari segi kualitas kami juga siap berkompetisi. Setidaknya dengan sesama kecamatan yang baru dimekarkan (Badan Laksamana dan Bathin Solapan),” ujar Ruslan Rabu, 12 september 2018.

Dari segi kuantitas, Talang Muandau memang bakal mengutus jumlag peserta paling sedikit. Bukan hanya dibandingkan kecamatan “senior”, seperti Pinggir (mengusulkan 45 calon peserta), Mandau (31 orang), Bengkalis (44) orang) atau Bantan (39 orang).

Disandingkan dengan Bandar Laksamana dan Bathin Solapan saja masih kalah. Pada MTQ XLIII di Bukit Batu ini, kedua kecamatan yang sama-sama diresmikan di tempat dan waktu yang sama dan oleh orang yang sama, masing-masing mendaftarkan calon peserta sebanyak 29 orang dan 32 orang. Sedangkan Talang Muandau seperti sudah disebutkan, hanya 10 orang.(susi)