DURI (Riaulantang)- Kawanan pencurian hewan ternak yang beraksi di desa Harapan Baru, Kecamatan Mandau berhasil dibekuk tim Opsnal Reskrim Polsek Mandau, Jumat (16/06/17). Enam tersangka yang terlibat  pencurian 2 Ekor sapi milik yayasan Mutiara Duri berhasil diamankan. Keenam tersangka yang merupakan warga Duri, Rohil dan Sumut ini   diamankan  di Jalan  Karya Km 7 Kulim Desa Balai Makam dan Jalan Gajah Mada Kelurahan  Titian Antui, Pinggir.

Keenam tersangka masing-masing Su (48) warga Jalan Karya Duri,  Al (33) warga Pujud Rohil, RI (41) warga Kulim Km 4 Duri, Mu (31) warga Pujud, Ra (26) warga Sumut, dan Ni (29) warga Sungai Tapah Rohil.

Kapolsek Mandau, Kompol Ricky Ricardo, Sik, Sabtu (17/06/17) menjelaskan penangkapan berawal dari laporan warga desa Harapan Baru yang kehilangan hewan ternak peliharaannya, Jumat (28/06/17) lalu. Kehilangan itu diketahui ketika korban hendak memberi makanan ternak, tapi  2 ekor sapi  milik Yayasan Pendidikan Islam Terpadu Mutiara Duri-Riau yang dipeliharanya sudah hilang.Korban pun melaporkan kasusnya ke Polsek Mandau.

Pengusutan lebih lanjut, Jumat (16/06/27) sekira pukul 10.00 Wib team opsnal Polsek Mandau setelah mengetahui ciri-ciri tersangka, melakukan penggerebekan dirumah Di dan berhasil mengamankannya 5 rekannya yang lain.

Team opsnal juga menemukan barang barang yang yang diduga alat untuk melakukan kejahatan pencurian sapi. Diantaranya tali tambang dan juga surat surat keterangan membawa ternak sapii.

“Bersasarkan temuan tersebut, dilakukan introgasi tersangka Su dan dia  dan  mengakui bahwa pernah melakukan Pencurian sapi di Desa Harapan Baru. Pencurian itu dilakukan bersama lima temannya yang kemudian kelimanya berhasil ditangkap dan diamankan ke Polsek Mandau untuk penyidikan lebih lanjut,” jelas Kompol Ricky.

Diungkapkan Kapolsek barang bukti lain yang ikut diamankan diantaranya 9 lembar surat jalan ternak yang diduga telah dipalsukan, 1 unit mobil Colt diesel No.pol BK9458XN untuk mengangkut sapi curian dan hp masing-masing tersangka sebagai alat komunikasi. (Susi)