BENGKALIS (Riaulantang) –Bertempat di lapangan Tugu, hari ini, Kamis (24/8/2017) dilaksanakan puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2017 tingkat Kabupaten Bengkalis.

Ratusan anak dari berbagai tingkatan sekolah dari Pendidikan Anak Usia Dini sampai Sekolah Lanjutan Atas, ambil bagian pada kegiatan yang pelaksanaannya dikoordinir Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak itu, berlangsung meriah.

Pada kesempatan itu, Bupati Bengkalis Amril Mukminin yang juga hadir dalam kegiatan itu, menerima “Suara Hati Anak Kabupaten Bengkalis Tahun 2017”.

Sebelum diterima Bupati Amril, “Suara Hati Anak Kabupaten Bengkalis Tahun 2017” itu, terlebih dahulu dibacakan secara berduet oleh Herlina dan Rahmad Syahputra dari Forum Anak Indonesia Kabupaten Bengkalis.

Ada 9 butir “Suara Hati Anak Kabupaten Bengkalis Tahun 2017” yang mereka sampaikan pada orang nomor satu di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini, yaitu, pertama tingkatkan peran forum anak dalam pembangunan.

Kedua, libatkan tokoh masyarakat dalam implementasi pendewasaan usia perkawinan. Ketiga, tumbuhkan pola asuh ramah anak.

Keempat, tingkatkan pengendalian terhadap peredaran narkotika dan psikotoprika serta lindungi anak dari iklan, promosi, sponsor dan asap rokok.

Kelima, tingkatkan fasilitas kesehatan ramah anak dan perbaikan gizi buruk pada anak. Keenam, tingkatkan kualitas pendidikan melalui implementasi pelaksanaan sekolah lima hari dan zona sekolah.

Ketujuh, tingkatkan penggunaan internet sehat disertai dengan semangat literasi pada anak.

Kedelapan, tingkatkan pembelajaran siaga untuk anak di daerah rawan bencana. Dan, kesembilan, lindungi anak dari segala bentuk eksploitasi dan kekerasan seksual.(hms)