Pelantikan Kades Kecamatan Bengkalis dan Bantan

BENGKALIS (Riaulantang) – Sebanyak 11 Kepala Desa (Kades) terpilih Kecamatan Bengkalis dan Bantan pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak gelombong ke- II pada 31 Oktober 2018 lalu, resmi dilantik Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Senin (17/12) di Halaman Kantor Camat Kecamatan Bengkalis.

11 Kepala Desa yang dilantik hari ini terdiri dari 7 Kades Kecamatan Bengkalis diantaranya Kades Kelapapati (Dasril), Kades Sebauk (Tamrin), Kades Teluk Latak (Mansur), Kades Air Putih (Muhammad Syaifudin), Kades Temeran (Arifin), Kades Penebal (Muhammad Saimin) dan Kades Ketam Putih (Suhaimi).

Sementara Kecamatan Bantan terdiri dari 4 Kades, diantaranya Kades Selatbaru (Rahayu Nendang), Kades Muntai (Muhammad Nurin), Kades Teluk Lancar (Ismail), dan Kades Kembung Luar (Muhammad Ali).

Bupati Bengkalis, Amril Mukminin dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada seluruh Kades yang baru saja dilantik, dengan harapan para Kades yang baru dapat membawa wajah dan pemikiran yang aktual dalam mengisi pembangunan di wilayah Kabupaten Bengkalis khususnya di Kecamatan Bengkalis dan Bantan serta dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

“Selain itu, apresiasi setingi-tingginya juga kami ucapkan kepada Kades yang telah menjabat dan telah menyelesaikan amanah yang diberikan oleh masyarakat, semoga segala perbuatannya menjadi ladang ibadah dan menjadi keberkahan baginya,”ucap Amril.

Kemudian lanjut Mantan Kepala Desa Muara Basung ini lagi, bahwa seorang Kades mempunyai tugas yang besar bukan hanya terfokus pada program yang ditawarkan serta nominal anggaran yang diusulkan ke Pemerintah Kabupaten, tetapi idealnya seorang Kades harus mampu membawa masyarakatnya hidup secara layak.

“Jadilah seorang Kades yang senantiasa mampu memegang teguh amanah dan senantiasa berkomitmen atas janji yang dituangkan dalam visi dan misi, dengan mendukung program Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam mewujudkan fokus kegiatan pembangunan gerbang utama, yaitu menjadikan Pulau Bengkalis sebagai pusat pemerintahan, pusat pendidikan terpadu dan pusat pengembangan budaya melayu serumpun,”harap Amril.

Selain itu Amril menegaskan kepada seluruh Kades yang baru dilantik agar menepatkan dirinya seperti “udara” yang selalu ada dimana-mana, tanpa membedakan tempat serta selalu mengisi ruang kosong untuk memegang amanat, dekat dengan rakyat, tanpa membedakan derajat dan martabatnya, mampu memahami dan menyerap aspirasi serta menjaga keutuhan dan keharmonisan masyarakat.

“Jangan sampai masyarakat terbelah dan terkotak-kotak, hanya karena perbedaan pilihan politik, yang menang sebaiknya segera merendahkan hati. Rangkul yang kalah. Kepada masyarakat yang ada di desa untuk terus memberikan masukan dan petunjuk kepada Kades yang baru dilantik, saling berkoordinasi dan bekerjasama untuk membangun kemajuan di masing-masing desanya,”pungkas Amril.

Turut hadir pada pelantikan Kades Kecamatan Bengkalis dan Kecamatan Bantan, Anggota DPRD Provensi Riau, Abdul Vattah Ali Hasyim Harahap, Sekretaris Daerah H Bustami HY, Ketua LAMR Bengkalis, H Zainuddin, Camat Kecamatan Bantan, Reza Noverindra,anggota DPRD Bengkalis Zamzami, Angota DPRD Bengkalis Dapil Kecamatan Bantan Syofian, Ketua KPU Bengkalis, Kejari Bengkalis diwakili kasi Pidum.(dwi)