DURI (Riaulantang)- Usai sholat idul adha dan bersilaturahmi dengan warganya serta memenuhi jemputan open house di rumah dinas Camat Mandau, Riki Rihardi, Bupati Amril meninjau pemotongan hewan kurban di sejumlah tempat di Kecamatan Mandau dan Pinggir.

Tempat pemotongan hewan kurban 1439 H yang pertama ditinjau Bupati Amril beserta istri dan rombongan, yaitu di masjid Al-Bayan, Baiduri Permai, Jalan Abdul Latif, RW 21 Kelurahan Air Jamban.

Di masjid Al-Bayan, panitia memotong 7 ekor sapi. Satu diantaranya dari bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis.

Berdasarkan papan data nama-nama kurban yang terdapat di samping kanan pintu masuk masjid Al-Bayan, diketahui bahwa Camat Mandau Riki Rihardi beserta istri Dewi Asnidar juga melaksanakan kurban di masjid ini. Keduanya termasuk dalam kelompok I.

Dari Masjid Al-Bayan, peninjauan dilanjutkan ke Mushalla Miftahul Jannah di jalan Karang Anyar 2. Namun karena halaman sempit, pemotongan hewan di tidak dilakukan di mushalla tersebut. Tetapi di sebuah bengkel besar yang berada di seberang jalan di depan kantor PT Keong Mas Jaya.

Di tempat kedua yang ditinjau Bupati Amril ini, diperoleh informasi bahwa ada 6 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Satu ekor sapi diantaranya bantuan Pemkab Bengkalis.Setelah dari Mushalla Miftahul Jannah,

Bupati Amril melanjutkan peninjauan ke Masjid Taqwa di jalan Karang ANyar 1, Kelurahan Air Jamban.
Di masjid Taqwa Air Jamban ini, hewan kurban yang dipotong sebanyak 3 ekor kambing dan 6 ekor sapi. Satu ekor sapi tersebut diantaranya juga bantuan Pemkab Bengkalis.

Usai dari Mandau, Bupati Amril meninjau pemotongan hewan kurban 1439 H di Kecamatan Pinggir. Yaitu di masjid Al Ikhsan RT 7 RW 1 Desa Semunai dan Masjid At-Taqwa Desa Muara Basung.

Di Masjid Al Ikhsan Semunai panitia memotong 1 ekor sapi bantuan Pemkab Bengkalis dan 6 ekor kambing.Sementara di Masjid At-Taqwa Muara Basung ada 19 ekor sapi dan 6 ekor kambing yang disembelih.

Seperti di empat rumah ibadah yang ditinjau sebelumnya, di Masjid At-Taqwa Muara Basung juga ada seekor sapi bantuan Pemkab Bengkalis.

Kemudian, di Masjid Taqwa ini, Bupati Amril dan keluarga ikut menunaikan perintah kurban. Yakni satu ekor sapi.Selain atas namanya, Amril Mukminin bin M Nur, sapi kurban itu juga atas nama istrinya Kasmarni binti Roni H Leman, Yusni binti Bunhok Makmur serta empat putra-putri Bupati Amril.

Keempat buah hati Bupati Amril dan Kasmarni yang ikut berkurban itu adalah Septian Nugraha, Fanni Anggraini, M Arsya Fadilah dan M Putra Bangsawan.

Kepada panitia pemotongan kurban di kelima rumah ibadah yang ditinjaunya itu, Bupati Amril selalu berpesan agar daging hewan kurban tersebut benar-benar tersalurkan pada mereka yang berhak menerimanya.

Selain Camat Mandau Riki Rihardi dan Camat Pinggir Toharuddin, ikut mendampingi Bupati Amril, diantaranya Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Heri Indra Putra, Plt Kadis Kesehatan Supardi, Kepala Dinas Dukcapil Rinaldi, Plt Kadis PUPR Hadi Prasetyo, Plt Kadis Kominfotik Johansyah Syafri, Kepala Satpol PP Jenri Ginting dan Direktur PDAM Bengkalis Jufrizal.(susi)