PEKANBARU (Riaulantang)- Ditengah lesunya perekonomian, PT Chevron Pacific Indonesia (Chevron) terus berpatisipasi aktif dalam program pemberdayaan ekonomi masyarakat di sekitar daerah operasinya. Sejumlah contoh program investasi sosial Chevron di bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat antara lain adalah peternakan sapi potong dan ayam potong di Duri, perikanan di Minas, dan budi daya tanaman coklat di Tapung.

Hari ini, Senin (28/08/17), Chevron menyerahterimakan bantuan berupa 2.000 ekor anak ayam petelur kepada Kelompok Tani (KT) Masyarakat Berdikari di Kepenghuluan Bangko Bakti Kecamatan Bangko Pusako, Kabupaten Rokan Hilir. Acara serah terima sederhana yang dilakukan di lingkungan Kantor Penghulu Bangko Bakti KM 13 ini dihadiri oleh perwakilan pemerintah dan pemuka masyarakat setempat, Chevron dan anggota Kelompok Tani Masyarakat Berdikari.

Selain bibit ayam, Chevron juga memberikan bantuan berupa 15 unit kandang ayam, 1 unit pompa air, pakan ternak dan obat-obatan. Demi memastikan keberhasilan dan keberlanjutan usaha ternak ayam petelur ini, Chevron juga memberikan pelatihan dan pendampingan kepada kelompok tani tersebut.

“Kami berharap bantuan ini dapat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani ini,” kata Mering Ngo, Social Performance Specialist yang mewakili manajemen Chevron. “Semoga masyarakat dapat memanfaatkan program pelatihan dan pendampingan ini untuk keberlanjutan usaha yang mandiri di masa mendatang,” tambahnya.

Diperkirakan pada usia 4 – 4,5 bulan ayam-ayam ini akan mulai bertelur, sehingga diharapkan kelompok tani akan memperoleh penghasilan sekitar Rp5 juta per minggu. Apabila program berjalan baik, kelompok tani dapat mengembangkan kelompoknya, agar semakin banyak masyarakat yang mendapatkan manfaat dari usaha ini.(rls)