Camat Mandau Riki Rihardi dan rombongan Kamis bersih di desa Harapan Baru

DURI (Riaulantang)- Camat Mandau Riki Rihardi S.STP MSi kembali membuat terobosan melalui program Kamis bersih yang rutin diadakan tiap bulannya. Kamis bersih yang biasanya dilakukan di daerah perkotaan kali ini, Kamis (27/09/18) diarahkan ke pedesaaan. Sasarannya kali ini desa Harapan Baru yang berada puluhan kilo dari pusat pemerintahan Kecamatan Mandau.

Membawa rombongan besar dari kecamatan Mandau yang melibatkan sejumlah kepala UPT, Lurah/kades, ASN di lingkungan kantor Camat, satpol PP, dinas/instansi terkait, tak ketinggalan Ketua timrak PKK Mandau, Dewi Asdinar, Camat memboyong rombongan menuju desa yang berada di pelosok Mandau itu. Dua unit bus sekolah gratis milik Pemkab Bengkalis dan belasan mobil pribadi lainnya digunakan untuk transportasi “petugas kebersihan dadakan itu”. Perjalanan cukup jauh menempuh medan dengan kondisi jalan tanah yang berdebu saat kemarau harus dilalui petugas kebersihan itu.

Tiba di desa, seratusan petugas drop dari Kecamatan ini langsung turun tangan membersihkan jalan dan gorong-gorong desa.

Bekerjasama dengan masyarakat desa mereka bahu membahu membersihkan jalanan desa dan gorong-gorong yang ditutupi semak dan lumpur.
Cukup lama aksi bersih bersih ala Camat Riki ini dilakukan. Setelah itu mereka pun di jamu makan siang oleh Kades Harapan Baru Tarmin.

Tak menyia-nyiakan kesempatan berada di desa ini, Camat Riki juga mendengar aspirasi dan keluhan warganya. Warga mengeluh sulitnya mendapat air bersih lantaran kontur desanya yang menyebabkan pengeboran sumur hingga kedalaman 150 meter. Itu pun warga belum tentu mendapatkan pasokan air bersih.

Mendapat keluhan ini, Camat langsung mengelar rapat kecil dengan dinas terkait di bawah rindang pohon sawit. Kebetulan dalam rombongan itu ikut Dinas PUPR dan PDAM hingga solusi kesulitan air bersih warga bisa di tanggulangi.

“Ternyata PUPR punya alat untuk mendeteksi sumber air. Ini akan kita optimalkan mencari sumber air di desa ini dan tahap awal di 2 dusun. Jika ini berhasil akan kita bangun Pamsimas di dua dusun ini untuk mengatasi kesulitan air warga,” ujar Riki.

Tak hanya menyerap aspirasi warga, Riki juga berkesempatan silaturrahmi dengan pengurus masjid sembari menyerahkan bantuan untuk anak yatim dan dhuafa. Riki juga berkesempatan meninjau proses belajar mengajar di SMPN 7 Mandau sembari berdialog dengan majelis gurunya.

“Kamis bersih kali ini kita sengaja membawa rombongan Kecamatan di desa Harapan Baru agar goronya tak hanya terpusat di kota tapi juga di desa. Ini juga sekaligus mendekatkan aparat pemerintahan Kecamatan ke desa hingga mereka juga tahu kondisi desa yang berada cukup jauh dari kota ini. Mudah-mudahan Kamis bersih hari ini membawa manfaat bagi semua,” harap Riki.( susi)