PEKANBARU (Riaulantang) – Pasangan Arsyadjuliandi Rachman – Suyatno menjelaskan komitmen terhadap pengembangan Budaya Melayu dan pencapaian visi dan misi Riau 2020. Komimen ini menjawab pertanyaan yang dipertanyakan  panelis dari Budayawan Riau Al Azhar pada debat kandidat yang digelar di Hotel Labersa Pekanbaru Jumat (27/4) 

Dengan lantang Arsyadjuliandi Rachman menjelaskan jika Ia sudah berbuat dalam pengembangan Budaya Melayu Riau.  Ini bisa dilihat dengan sudah dibentuknya Dinas Kebudayaan dari yang selama ini dipegang pejabat eselon III.

“Saya sudah mulai berbuat dengan pembentukan Dinas Kebudayaan, Dengan adanya Dinas Kebudayaan ada keseriusan untuk Riau 2020, “ujar Andi Rachman dengan lantang.

Kemudian yang sudah dilakukan adalah pengembangan pariwisata berbasis budaya melayu Riau.

” Dan kita menjadikan LAM dan Riau sebagai pusat pembelajaran guru dari negara tetangga, itu komitmen yang kita buat, “ujarnya.

Bahkan yang sudah dilakukan adanya pengakuan Benda Cagar Budaya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dimana sudah ada 21 Warisan Budaya Melayu Riau yang diakui.

Andi Rachman juga berkomitmen menjadikan Riau sebagai pusat seni pertunjukan se Sumatera. Hal ini muncul karena geliat berbudaya dan berkeseniam bernafaskan Melayu sangat berkembang di Riau.(jon)