DURI (Riaulantang)– Sebanyak 224 Jamaah Calon Haji ( (JCH) Kabuapten Bengkalis asal Kecamatan Mandau dan Pinggir, Sabtu (29/7/2017) pagi tadi, resmi dilepas Bupati Bengkalis Amril Mukminin.

Pelepasan JCH yang dilakukan dengan adat Melayu tepuk tepung tawar tersebut, dilaksanakan di gedung Bathin Betuah Kecamatan Mandau, Duri.

Kepada para JCH, Amril mengingatkan, pada musim haji tahun ini, meskipun memiliki niat yang sama dan secara ekonomi mampu, namun tak semua orang dapat memenuhinya.

Karena itu, kepada 224 JCH tersebut, dia berharap agar niat mereka yang tulus dan ikhlas untuk melaksanakan rukun Islam kelima itu, tersebut, benar-benar ditunaikan semata-mata untuk beribadah,

“Semata-mata untuk memenuhi panggilan dan mengharap ridho Allah SWT. Bukan untuk tujuan lain, apalagi tujuan yang bersifat tercela seperti riya,” pesan Amril, mengingatkan.

Untuk itu,ungkapnya, jadikan sifat tabah, sabar dan tawakal sebagai sebaik-baiknya bekal,

“Sifat-sifat tersebut, sangat diperlukan dalam melakukan perjalanan ibadah haji dan sekaligus akan mengantarkan seorang jamaah calon haji menjadi seorang haji yang mabrur,” imbuhnya.

Dari 209 JCH tersebut, 15 JCH diantaranya dari Pinggir, Mereka tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 5 BTH (embarkasi Batam).

JCH asal Pinngir ini akan diberangkatkan lebih awal bersama 175 JCH dari Kecamatan Bengkalis, Bantan, Bukit Batu, Siak Kecil dan Rupat, yaitu pada 2 Agustus 2017 menuju Batam.

Sedangkan berangkat ke Tanah Suci Mekkah keesokan harinya, 3 Agustus  2017. JCH Bengkalis yang tergabung dalam Kloter 5 BTH ini akan berangkat ke Tanah Suci Mekkah bersama yang sama-sama JCH Kabupaten Kuantan Singingi.

Sedangkan 209 JCH asal Mandau,  tergabung dalam Kloter 8 BTH. Mereka akan meninggalkan kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini pada 5 Agustus mendatang. Sedangkan berangkat ke Tanah Suci Mekkah, keesokan harinya, 6 Agustus 2017.

JCH asal Kabupaten Bengkalis yang tergabung dalam Kloter 8 BTH ini, berangkat menuju Tanah Suci Mekkah bersama JCH Kabupaten Indragiri Hilir.

Sama seperti JCH Kloter 5 BTH, dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam, JCH Kloter 8 ini juga menuju Tanah Suci Mekkah melalui Madinah Al-Munawarah.

Turut hadir dalam acara tersebut, diantaranya Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis, Kasmarni, anggota DPRD Kabupaten Bengkalis, Kakanwil Kemenag Riau, H Ahmad Supardi, Kemenag Kabupaten Bengkalis, H Jumari, Wakapolres Bengkalis, Taufiq Hidayat Thayeb, Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau Kecamatan Mandau, Pejabat Tinggi Pratama, Adminstrator dan Pengawas di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Kemudian Camat Mandau Djoko Edi Imhar, Camat Pinggir Djamaluddin, Camat Batin Solapan Iskandar, Camat Talang Muandau Toharuddin, Sekretaris Kecamatan Mandau, Basuki Rakhmad, Upika Kecamatan Mandau, dan undangan lainnya.

Kehadiran keempat camat tersebut, karena meskipun secara administrasi disebutkan dari Mandau dan Pinggir, namun sebenarnya para JCH yang dilepas itu berasal dari empat kecamatan tersebut.

Ini terjadi karena mereka mendaftar untuk menunaikan ibadah haji sebelum Mandau dimekarkan menjadi Mandau dan Bathin Solapan, serta Pinggir dimekarkan menjadi Talang Muandau.(rls)