Bupati Rohil H Suyatno

ROKANHILIR (Riaulantang)–Pada Tahun 2019 mendatang, ribuan masyarakat Dumai, Rohil Dan Bengkalis (DUROLIS) akan menikmati air bersih dari Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) regional Dumai, Rokan Hilir dan Bengkalis (Durolis).

“Saat ini tahap pembangunan sudah 60 persen dan ditargetkan akhir tahun 2018 ini semua selesai dan awal 2019, ribuan warga diwilayah (Durolis) sudah menikmati air bersih,” Urai Bupati Rohil H Suyatno saat meninjau SPAM Durolis Selasa (26/6/2018).

Baca Juga:  Tinjau Pembangunan SPAM Durolis, Bupati Rohil Sebut Pengerjaan Sudah  60 Persen

Dikatakan Suyatno proyek yang cukup strategis ini merupakan pertama dilakukan di Indonesia, dan Riau mendapatkannya untuk wilayah Dumai,Rohil dan Bengkalis. Tentu dengan hadirnya SPAM ini ribuan masyarakat di wilayah Dumai,Rohil dan Bengkalis akan mendapat air bersih dan layak minum.

Untuk diketahui, SPAM Regional Durolis dengan kapasitas 1.500 it/detik yang terbagi tiga tahap. Tahap pertama sebesar 400 it/detik ini akan dimulai pembangunannya pada 2017, dan melayani enam kecamatan di Dumai, empat kecamatan di Rohil, dan dua kecamatan di Bengkalis.

Baca Juga:  Tinjau Pembangunan SPAM Durolis, Bupati Rohil Sebut Pengerjaan Sudah  60 Persen

Dimana masing-masing Sambungan Rumah (SR) yang akan terbangun di Dumai 15.000 SR, Rohil sebanyak 10.000 SR dan Bengkalis sebanyak 15.000 SR. Untuk sumber air yang digunakan dalam pembangunan air minum Durolis berasar dari Sungai Rokan (Rohil) yang menjadi sumber air baku satu-satunya yang layak digunakan untuk ketiga wilayah tersebut. (Jon)