PINGGIR (Riaulantang)– Perempuan paruh baya, Jusini tampak terharu saat rombongan petinggi tentara bersama Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengunjungi rumahnya di Dusun I Simpang, Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir, Selasa, 10 Juli 2018

Di rombongan itu juga terlihat Kasi PersonaliaWB/031 Kolonel Inf DJ Simanungkalit, Direktur Sabhara Polda Riau, Kombes Zulkifli, Dandim 0303/Bengkalis, Letkol Inf Timmy Prasetya Harmianto dan Sekretaris Daerah Bengkalis Bustami HY.

Jusini janda dua anak ini bersyukur dan terharu karena dirinya termasuk salah satu orang yang mendapat sasaran pada program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 tahun 2018 di wilayah Kodim 0303/Bengkalis yang dipusatkan di Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis.

Jusini sangat beruntung, rumah berukuran 6 x 8 meter yang sudah puluhan tahun ditempati bersama dua buah hati dan ibu kandungnya yang sudah uzur, disulap personil tentara lewat program program TMMD ke-102. Rumah yang dulunya berdinding papan ini berubah total menjadi rumah permanen berdinding batu bata.

Kini kondisi rumah yang sudah dibangun sejak beberapa hari oleh personil tentera ini, sudah mencapai 70 persen. Mengingat sebelum pembukaan TMMD ke-102 atau Pra TMMD, puluhan tentera bersama masyarakat setempat sudah bergotong royong, membongkar, lalu membangun kembali rumah Jusini dengan bangunan batu batu.

Di hadapan Bupati Bengkalis dan petinggi tentara, Jusini mengaku sangat senang dan gembira, karena dirinya bersama keluarga telah dibantu. Jika tidak ada bantuan dari program TMMD ke-102, rumahnya belum tentu sekokoh saat ini.

“Terima kasih, Pak Bupati! Terima kasih, Pak Tentara! Rumah kami sudah bagus. Mudah-mudahan ini bernilai pahala dan keberkahan bagi daerah ini,” ungkap Jusini.

Setelah meninjau rumah Jusini, Bupati Bengkalis bersama rombongan meninjau Posko induk TMMD ke-102. Orang nomor satu di Negeri Junjungan ini, berdialog dengan sejumlah personil TNI.

Selain membangun rumah Jusini, pada program TMMD ke-102 ini, personil juga merehap rumah ibu Yeni Anggraini Dusun I Simpang Jalan Pelajar RT 03 RW 01 ukuran 6 x 8 meter, sudah dikerjakan 70 persen. Bedah rumah bapak Gogo Jalan Pak Langgai Dusun II Sialang Rimbun RT 02 RW 03 ukuran 6 x 6 m,sudah dikerjakan 70 persen.

Tidak hanya pembangunan/rehab rumah milik warga kurang mampu, selama pelaksanaan TMMD ke-102, personil TNI juga membangunan jalan dan box culvert di Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir.(bambang)