BENGKALIS (Riaulantang)- Dengan penuh penghayatan yang khusyuk, Bupati Amril Mukminin beserta para anggota Forkopimda Kabupaten Bengkalis, Jum’at dini hari, 17 Agustus 2018, mengikuti apel kehormatan dan renungan suci.
Apel Kehormatan dan Renungan Suci yang ditaja sempena Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia (RI) tersebut dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Kesuma Kesatria, Jalan Pramuka, Desa Air Putih, Kecamatan Bengkalis.
Apel kehormatan dan renungan suci yang dimulai tepat pukul 00.00 WIB  memang digelar setiap tahun pada hari kemerdekaan ini, semakin syahdu dan menyentuh oleh prosesi penyalaan obor yang dilakukan sebelum renungan suci.
Apel Kehormatan dan Renungan Suci dipimpin Wakapolres Bengkalis, Kompol Ade Zamra selaku inspektur upacara, memang ditujukan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah turut berjuang memperebutkan Kemerdekaan Republik Indonesia 73 tahun silam. Maka tak heran, bila suasana hangat selalu dihadirkan untuk memberikan penghormatan dan doa kepada arwah para pahlawan bangsa.
Usai mengikuti Apel Kehormatan dan Renung Suci serta sesuai tema HUT ke-73 Kemerdekaan RI “Kerja Kita Prestasi Bangsa’, Bupati Amril mengajak seluruh warganya untuk ikut memberikan prestasi terbaik bagi bangsa dan negara ini sesuai bidang tugas dan profesi masing-masing.
“Para pahlawan telah mengorbankan segalanya untuk kemerdekaan bangsa dan negara ini. Tugas kita sebagai penerus adalah meneruskan perjuangan mereka tampah pamrih. Mari kita isi kemerdekaan ini melalui prestasi. Mari kita tingkatan kualitas kerja dan kedisiplinan diri sebagai wujud dedikasi terhadap bangsa dan negara,” ajak Bupati Amril yang saat mengikuti Apel Kehormatan dan renungan suci menggunakan PSL (Pakaian Sipil Lengkap).
Selain Bupati Amril, ikut juga dalam Apel Kehormatan dan Renungan Suci yang berlangsung sekitar 10 menit dan berjalan khikmat tersebut, diantaranya Wakil Ketua DPRD dari Partai Golkar H Indra Gunawan Eet.
Kemudian, Kajari Heru Winoto, Ketua Pengadilan Negeri Sutarno, Sekretaris Daerah H Bustami HY, Plt Kasdim 0303/Bengkalis yang juga Danramil 01/Bengkalis Mayor Irwan, juga mengikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci yang juga disaksikan puluhan warga yang ada di sekitar taman makam pahlawan tersebut.
Apel Kehormatan dan Renungan Suci tersebut juga diikuti puluhan anggota TNI, baik itu dari Angkatan Darat maupun Angkatan Laut, serta anggota Kepolisian, Satuan Polisi Pamong Praja dan anggota Pramuka