Bupati Bengkalis Amril Mukminin ketika meninjau pelaksanaan Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Pekanbaru-Dumai

DURI (Riaulantang) – Bupati Amril Mukminin, Jum’at, 18 Januari 2019 melakukan kunjungan kerja ke 3 kecamatan. Yakni, Kecamatan Pinggir, Mandau dan Bathin Solapan.

Di Pinggir, Bupati Amril meninjau Jalan Gajah Mada. Pada Maret 2019 ini peningkatan Jalan tersebut akan mulai dikerjakan dengan anggaran sekitar Rp48,95 M.

Sepulang dari meninjau Jalan Gajah Mada di Km 12, dalam perjalanan menuju Kecamatan Mandau, secara tiba-tiba Bupati Amril menghentikan kendaraan dinasnya untuk melihat langsung pelaksanaan pengerjaan Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Pekanbaru-Dumai yang akan memotong Jalan Gajah Mada.

Adapun titik pengerjaan yang dilihat dari dekat oleh Bupati Amril tersebut adalah STA (Stasioning) 79+300 di Km 6 Jalan Gajah Mada, Desa Titian Antui, Kecamatan Pinggir.

Ketika diminta komentarnya atas pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Pekanbaru-Dumai tersebut, Bupati Amril mengatakan, hal itu merupakan salah satu bukti keberpihakan Presiden Joko Widodo dalam percepatan keberhasilan pembangunan Provinsi Riau dan juga di Kabupaten Bengkalis. Khususnya melalui percepatan ketersediaan infrastruktur untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

“Kami optimis, jika pembangunan Jalan Tol Ruas Pekanbaru-Dumai ini selesai akan menyebabkan perkembangan ekonomi masyarakat Riau tidak terkecuali di Kabupaten Bengkalis akan semakin menggeliat. Apalagi dari 6 Seksi ruas Jalan tersebut melintas di wilayah Kabupaten Bengkalis,” katanya.

Masih menurut Bupati Amril, apabila pembangunan Jalan Tol Ruas Pekanbaru-Dumai itu selesai, maka akses ekonomi masyarakat Kabupaten Bengkalis akan menjadi lebih cepat.

Kecepatan akses ini bukan saja memperpendek jarak distribusi dari produsen ke konsumen, tetapi juga akan menekan biaya produksi yang juga akan menguntungkan keduanya.

“Baik produsen maupun konsumen akan sama-sama diuntungkan yang muaranya tentu akan berpengaruh pada peningkatan taraf kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Mantan Kepala Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir ini mengajak seluruh warganya untuk mendukung sepenuhnya agar pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai dapat diselesaikan sesuai waktu yang ditargetkan.

Sekedar informasi, salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo yang dilaksanakan di Provinsi Riau adalah pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Pekanbaru-Dumai. Jalan bebas hambatan ini nantinya yang akan menghubungkan Pekanbaru dengan Kandis dan Dumai.

Total investasi jalan sepanjang 131,5 Km yang merupakan bagian dari 8 ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) tersebut sebesar Rp16,210 triliun. JTTS sendiri direncanakan membentang dari utara pulau Sumatera sampai selatan menyambungkan Provinsi Nangroe Aceh Darussalam sampai provinsi Lampung.

Jalan Tol Ruas Pekanbaru-Dumai yang dimulai tahun 2016 ini yang dikerjakan PT Hutama Karya (Persero) Divisi Jalan Tol sebagai Penanggung Jawab Proyek tersebut, direncanakan mulai beroperasi tahun 2019.

Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Dumai ini dibagi menjadi 6 Seksi, yaitu Seksi I Pekanbaru-Minas, Seksi II Minas-Kandis Selatan, Seksi III Kandis Selatan-Kandis Utara, Seksi IV Kandis Utara-Duri Selatan, Seksi V Duri Selatan-Duri Utara, dan Seksi VI Duri Utara-Dumai.
Artinya, 3 seksi Jalan Tol Pekanbaru-Dumai tersebut melintasi Kabupaten Bengkalis. Yaitu Seksi IV Kandis Utara-Duri Selatan (26,5 Km), Seksi V Duri Selatan-Duri Utara (27,2 Km), dan Seksi VI Duri Utara-Dumai (24,65 Km). (susi)