BENGKALIS (Riaulantang)– Upacara peringatan ‎Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Bengkalis, Kamis (17/8/2017) pagi tadi, berlangsung hikmat dan sukses.

Upacara yang dilaksanakan di lapangan Tugu Bengkalis itu dipimpin langsung Bupati Bengkalis Amril Mukminin, selaku inspektur upacara.

Tepat pukul 10.00 WIB, sirene dibunyikan selama satu menit, pertanda peringatan detik-detik Proklamasi. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan naskah Proklamasi oleh Wakil Ketua DPRD Bengkalis H Indra Gunawan Eet.

Selang beberapa menit kemudian, Pasukan Pengibar Bendara (Paskibra) yang dipimpin Serda Mes Suparjo selaku Danki pada upacara penaikan bendera Merah Putih, memasuki lapangan upacara.

Setelah sampai di lapangan, selaku pembawa baki bendera Merah Putih, Safira Yasmin menaiki tangga tribun utama. Sesampai di atas Bupati Amril langsung menyerahkan bendera Merah Putih kepada pelajar SMA Negeri 2 Mandau tersebut.

Adapun untuk petugas pengibar bendera  pada upacara penaikan bendera Merah putih yang diikuti ribuan peserta tersebut adalah Nor Irvansyah. Lajang pasangan Hamdan dan Ayanti ini merupakan pelajar SMA Negeri 3 Bengkalis.

Sedangkan untuk penggerek dan pengulur bendera Merah Putih dipercayakan kepada Marriyan Al Fikri SY dan Kurniawan Saputra.

Marriyan Al Fikri SY merupakan pelajar SMAN 2 Mandau, putra pasangan Syafrizal dan Herlianti. Sementara Kurniawan Saputra adalah pelajar SMA Negeri 2 Mandau, putra pasangan Syamsul dan Syamsidar.

Bertindak sebagai cadangan inspektur upacara adalah Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Rizal Faisal Helmi. Sedangkan perwira upacara Kapten Arh Uwin Suharto dan cadangannya  Kompol Afrizal Asri.

Sementara selaku komandan upacara Kapten Inf Muhdoyo Sankoco dan cadangan komandan upacara AKP Noak P Aritonang.

Sedangkan yang bertugas selaku ajudan inspektur upacara adalah Kamaruddin Kamai, staf Bagian Umum Sekretariat Daerah Bengkalis.(hms)