DUMAI (Riaulantang) —- Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas dan Gas Bumi (SKK MIGAS) perwakilan Sumbagut  bersama kontraktor kontrak kerjasama ( PT Chevron Pacific Indonesia, BOB-PT Bumi Siak Pusako, SPR Langgak, Pertamina Hulu Energi Siak) ikut merayakan HUT Kota Dumai ke-19 dengan berpartisipasi pada pameran Dumai Expo pada 27 April – 2 May 2018. Hadir pada pembukaan Dumai Expo Kepala Departemen Humas SKK MIGAS Perwakilan Sumbagut Haryanto Syafri, Manager Goverment Affairs dan Operation Support North PT CPI Rudi Arief, serta staff humas dari KKKS.

Haryanto Syafri mengatakan bahwa ini pertama kalinya SKK MIGAS Perwakilan Sumbagut bersama KKKS yang mengumpulkan produksi dan melakukan lifing di Kota Dumai (CPI, BOB BSP, SPR Langgak, PHE Siak) berpartisipasi pada Dumai Expo. Pada expo ini, SKK MIGAS  dan KKKS mengadakan program edukasi minyak dan gas bumi yang akan dihadiri oleh siswa siswi SMA di Dumai pada 28 dan 30 April 2018. 

“Peserta mendapatkan penjelasan bagaimana asal usul minyak bumi, proses industri migas dari seismik hingga pengapalan di Dumai serta peran SKK Migas dan KKKS dalam memenuhi target produksi nasional dengan selamat. Peserta edukasi juga akan mendapatkan informasi mengenai bagaimana mengemudi kendaraan bermotor dengan selamat,” jelas Haryanto.



Rika Sriyanti, guru biologi SMA Lancang Kuning Dumai, menyampaikan kegiatan edukasi migas ini sangat bermanfaat dan luar biasa bagi anak-anak. Mereka dapat menambah wawasan dan pengetahuan terkait kegiatan migas. “Kami harap kelak mereka turut serta sebagai pelaku di bidang hulu migas,” ungkap Rika.

Krisna Giting, guru SMA Santo Tarcisius, pada kesempatan yang sama mengharapkan agar kegiatan edukasi seperti ini dapat dilanjutkan tidak hanya di pameran tapi ke sekolah-sekolah.



Di stand SKK MIGAS para pengunjung mendapatkan penjelasan mengenai tahapan kegiatan explorasi dan eksploitasi minyak dan gas bumi, berbagai poster program eksplorasi, eksploitasi dan program pengembangan masyarakat KKKS serta contoh minyak bumi, batuan, mata bor dll. Berbagai suvenir menarik akan diberikan bagi pengunjung yang aktif di program quiz.



Produk usaha kecil dan menengah binaan SKK MIGAS-KKKS juga ditampilkan di stand ini antara lain tenun Wan Syamsinar Dumai binaan SKKMIGAS-PT CPI, produk makanan ringan Pondok Oleh-oleh Duri, produk daur ulang Bank Sampah Pematang Pudu Duri dan lain-lain.(rls)