DURI (Riaulantang)- Peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-42 tingkat Kabupaten Bengkalis, terdiri dari 8 kecamatan dan 1 utusan LPTQ Kabupaten Bengkalis, telah melakukan pendaftaran ulang peserta sekaligus mengisi data Fingerprint.

“Alhamdulillah, semua sudah berjalan dengan lancar, para kafilah sudah melakukan pendaftaran ulang dan membuat absen dengan cara eleoktronik melalui alat Fingerprint,” ujar Ketua Tim Seleksi E-MTQ tahun 2017, H Ali Ambar, Sabtu (30/9/2017).

Dijelaskan Ali Ambar, seluruh peserta yang telah mendaftarkan diri berbasis elektronik MTQ berjumlah 280 peserta. Namun yang lulus verifikasi sebanyak 279 orang. Sedangkan satunya lagi dinyatakan diskulalifikasi, karena yang bersangkutan terbukti mengikuti MTQ di kabupaten/kota lain.

“Sistem MTQ kita tahun ini, berbasis elektronik, seperti yang dilakukan Nasional dan Provinsi Riau. Para peserta yang sudah dinyatakan lulus verifikasi administrasi melalui online, mereka juga harus daftar ulang secara elektronik. Jadi ketika akan tampil, peserta harus absen sidik jari dengan alat Fingerprint yang telah disediakan,” jelasnya.

Ketua Baznas Kabupaten Bengkalis ini juga menerangkan, jika mesin absen menolak sidik jari peserta yang akan tampil, maka ada kemungkinan kecurangan yang dilakukan.

“Intinya tujuan fngerprint ini untuk memastikan peserta yang telah melakukan pendaftaran adalah peserta yang tampil saat berlomba,” tambah Ali Ambar. (e-mtq)