DURI (Riaulantang)- Tabligh akbar sempena Nuzul Qur’an, yang digelar Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bengkalis.
di Masjid At-Taqwa, Desa Muara Basung, Pinggir, Selasa 21 Mei 2019 membawa kebahagiaan dan kebanggaan bagi warganya. Kenapa tidak peringatan Nuzul Quran ini mengingatkan mereka akan sejarah awal pembangunan masjid yang berdiri tahun 2005 lalu. Ketika itu mereka juga pernah memperingati Nuzul Quran ditahun 2011 lalu yang diprakarsai Riki Rihardi (Camat Mandau-red) yang ketika itu Ketua Pemuda Muara Basung .

“Dulu di tahun 2011 Riki Rihardi Ketua Pemuda Muara Basung memprakarsai peringatan Nuzul Quran melalui kegiatan kepemudaan. Hari ini kami diingatkan dan didatangi tim safari ramadhan untuk kembali memperingati malam Nuzul Quran. Ini kebahagiaan dan kebanggaan bagi kami,” ujar Akhyar Mukmin Kades Muara Basung saat memberi sambutan.

Diungkapkan Akhyar, Masjid At Taqwa merupakan Masjid lama yang berdiri atas prakarsa Amril Mukimin yang ketika itu menjabat sebagai anggota DPRD Bengkalis. Amril yang saat itu melihat kondisi masjid yang ada di kampungnya memberi usulan perbaikan kepada Bupati Bengkalis yang saat itu dijabat Syamsurizal. Saat ditinjau kondisi masjid memang sudah tak layak hingga kemudian diusulkan pembangunannya.

“Saat ini Masjid At Taqwa menjadi Masjid terbesar di Pinggir. Walau terbesar tapi masih sederhana. Tapi sejarahnya luar biasa. Dibangun ketika pak Amril Mukminin anggota DPRD Bengkalis tahun 2005,” kenang Akhyar Mukmin.

Diungkapkannya kendati sudah banyak perubahan terhadap bangunan masjid yang hanya berjarak beberapa meter dari kediaman pribadi Bupati Bengkalis itu, namun masyarakat berharap agar Masjid ini menjadi masjid besar layaknya Masjid Arrafah Duri. Harapan itu wajar disampaikan mengingat sampai saat ini masyarakat Kecamatan Pinggir belum memiliki masjid besar yang mampu menampung jamaah dalam kapasitas banyak layaknya Masjid Arrafah Duri.

“Kondisi Masjid kami ini tak terlalu besar dan tak seperti Masjid Arrafah yang mampu menampung jamaah dalam jumlah banyak. Makanya kedepan kami berharap di Pinggir ini ada pula masjid besar seperti Masjid Arrafah di Mandau,” pungkas Akhyar. (susi)