DURI (Riaulantang) – Selama dua hari berturut-turut mulai Jumat (8/9/2017) hingga Sabtu (9/9), Forum Ormas Islam Mandau-Pinggir (Formasi-MP) melalui Panitia Solidaritas dan Dukungan Muslim Rohingya turun ke jalan untuk menghimpun dana kemanusiaan.

Ketua Panitia, Sanusi SH, MH menyebut, lokasi posko Aksi Peduli Muslim Rohingya itu dipancang di dua lokasi. Masing-masing di Jalan Hang Tuah depan Masjid Raya Arafah dan di Jalan Kayangan Ujung. Sanusi berharap, masyarakat khususnya umat Islam menunjukkan kepedulian akan derita yang tengah mendera umat Islam di Myanmar saat ini. 

Ditambahkan Sekretaris Panitia, Ewanto Aman, pada Minggu (10/9), Formasi-MP juga akan menggelar aksi solidaritas dan dukungan untuk Muslim Rohingya di halaman depan Masjid Raya Arafah. Acara tersebut akan diisi dengan orasi,  tablig akbar serta doa bersama. Dalam aksi tersebut, perwakilan Ormas, pengurus masjid dan musala serta pemuka Islam setempat akan didaulat tampil berbicara di depan hadirin. Kesempatan itu juga bakal digunakan untuk menghimpun dana kepedulian dari umat.

Penghimpunan dana kemanusiaan untuk Muslim Rohingya, lanjut Erwanto, juga dilaksanakan melalui pengurus 150 masjid dan musala yang ada di Kecamatan Mandau dan sekitarnya.Dalam penghimpunan dana kepedulian untuk Rohingya Jumat pagi, terlihat sejumlah pengurus dan anggota Ormas Islam turun ke jalan di depan Masjid Raya Arafah. Diantaranya dari Front Pembela Islam (FPI).

Di tengah-tengah aktivitas penghimpunan dana itu, tokoh FPI setempat H Selamat Simamora sempat menyampaikan orasi singkat di pinggir Jalan Hang Tuah. Dia menyebut-nyebut tuntutan yang disampaikan umat Islam dalam demo di depan Kedubes Myanmar di Jakarta Rabu (6/9) lalu. Salah satunya minta pemerintah Indonesia mengirim pasukan ke Myanmar. Juga desakan agar Kedubes Myanmar di Jakarta segera ditutup.(dan)