BENGKALIS (Riaulantang)– Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap Hari Raya Idul Adha jajaran Pemerintah Kabupaten Bengkalis melaksanakan ibadah kurban dari kalangan aparatur sipil negerai (ASN).

Pada tahun ini, jumlah hewan kurban yang bakal disembelih sebanyak 52 ekor, terdiri dari 37 ekor sapi dan 15 ekor kambing. Hewan kurban yang dikumpulkan dari ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, tidak seluruhnya disembelih di ibu kota kabupaten, namun sebagian disalurkan ke kecamatan, desa maupun pengurus masjid yang ada di Negeri Junjungan.

“Alhamdulillah, kita sudah menyalurkan hewan kurban kepada pihak kecamatan maupun desa. Untuk selanjutnya disalurkan kepada pengurus masjid dan mushola yang ada di desa-desa,” ungkap Kepala Bagian Kesejahteraan Setda Bengkalis, Hambali, Rabu 22 Agustus 2018.

Menurut Hambali, pendistribusian kepada desa-desa, bertujuan agar masyarakat yang ada di desa-desa dapat merasakan dan menikmati hewan kurban. Karena kita maklumi bersama, sebagian besar dari masyarakat selama ini jarang menikmati daging, khususnya hewan sapi.

Selain itu penyaluran hewan kurban ke desa-desa ini, sebagai bentuk kepedulian dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk saling berbagi dan meningkatkan silaturahmi dengan masyarakat.

Prosesi penyembelihan hewan kurban di masjid dan mushola pada umumnya dilaksanakan mulai Hari Raya Idul Adha pertama. Seperti halnya penyembilhan yang dilaksanakan di Masjid Istiqomah, pada tahun ini menyembelih 3 ekor sapi.

Selanjutnya, sejumlah masjid di Desa Senggoro yang melaksanakan penyembelihan hewan kurban pada hari pertama Idul Adha, antara lain Masjid Al Hakim Jalan Pertanian, juga akan menyembelih 3 ekor sapi.
Masjid Al Mubarok, Jalan Pramuka sebanyak 4 ekor sapi dan 3 ekor kambing, Surau Jamiatul Ikhlas 2 ekor sapi, Suara Al Ikhsan 4 ekor sapi, Surau Nurul Hidayah 2 ekor sapi.

Surau Nurul Sa’adah 1 ekor sapi dan 3 ekor kambing, Suara Al Mubin 3 ekor sapi dan 3 ekor kambing, Surau Nurul Falah 1 ekor sapi dan 3 ekor kambing.(rls)