DURI (Riaulantang)- Bupati Rokan Hilir H.Suyatno menghadiri acara milad Persatuan Lima Puluh Kota (Pelko) ke 48 yang dipusatkan dihalaman Gedung Pelko Mandau, Jalan Aman Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Ahad (04/02/18).

Kedatangan Suyatno disambut tepuk tangan saat namanya disebut saat panitia melaporkan kegiatan tersebut. Dalam kesempatan itu Orang nomor satu dinegeri seribuh kubah ini diberi kesempatan istimewa memberikan sambutan.

Dalam sambutannya, Suyatno bercerita bahwa dia pernah sekolah di SMPN 2 Gaduik, Payakumbuh  selama dua tahun pada tahun 1970. Saat itu dia tinggal bersama.pamannya seorang tentara yang kini sudah meninggal dunia.

“Banyak sekali kenangan saya di Gaduik. Dulu dua tahun sekolah disana bersepeda sambil berjualan jajanan keliling,” kata Suyatno. 

Dia tak bisa melupakan kenangan itu dan masih tertulis dihatinya hingga detik ini. Ia pun sesekali masih menyempatkan diri untuk bersilahturahmi dengan saudara di Payakumbuh.

“Kita tentunya senang bisa berkumpul dengan keluarga-keluarga kita di Mandau ini dan saya lihat semuanya kompak dan saya harapkan kedepannya juga kompak untuk membangun daerah kita Riau secara umum dan kususnya Mandau,” tegasnya. 

Saat Bupati menyampaikan sambutan kembali dia mendapatkan tepuk tangan yang sangat meriah. Bahkan diapun berceloteh memakai bahasa Minang dan membuat bangga masyarakat Pelko saat itu.

Dalam kesempatan itu Bupati mendamping  Gubernur Riau H.Arsyadjuliandi Rachman, Bupati Bengkalis H.Amril Mukminin serta rombongan dan disambut oleh perwakilan Bupati Lima Puluh Kota yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah dan Payakumbuh yang diwakilan oleh Asisten II.

Ratusan orang berkumpul dan tampak memakai pakaian Batik dan sangat bersukur atas kedatangan Gubernur Riau beserta Bupati Rohil dan Bupati Bengkalis. Tak hanya itu rasa sukur juga terpancar dari para masyarakat karena datangnya dua perwakilan dari Lima Pulih Kota dan Payakumbuh.

Hingga saat ini terdapat sebanyak 15 ribu warga Pelko di Duri yang tersebar di berbagai Kecamatan di Kabupaten Bengkalis. Acara dimulai dengan tari persembahan untuk menghormati para tamu kehormatan yang datang.

Dalam kesempatan itu juga perwakilan Lima Puluh Kota mengaku senang dengan acara yang digelar karena kuatnya persatuan warga Lima Puluh Kota di Duri. Bupati Lima Puluh Kota juga tak bisa datang karena adanya kesibukan. (Jon)