BENGKALIS (Riaulantang) – Dalam rangka pemenuhan kepemilikan KTP-el bagi warga binaan untuk mendukung terpenuhinya syarat hak konstitusional pemilihan umum 2019, Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) bekerja sama dengan Kemenkumham melaksanakan pelayanan Jemput Bola Perekaman KTP-el serentak secara nasional di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Bengkalis, Kamis (17/1) pagi.

Bupati Bengkalis diwakili Kepala Dinas Dukcapil Bengkalis hadir dan memberikan secara simbolis KTP-el kepada warga binaan serta melihat langsung proses perekaman KTP-el tersebut, yang mana sebelumnya terlebih dahulu mendengarkan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia melalui video conference.

Dalam sambutan singkatnya Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tjahjo Kumolo mengatakan “Pemerintah optimis dengan pengalaman komisioner KPU dan BAWASLU dari tingkat pusat sampai bawah, sehingga proses konsolidasi demokrasi akan berjalan dengan baik, kuncinya adalah partisipasi masyarakat harus maksimal.

“Tingkat partisipasi masyarakat ini sangat penting, KPU juga menjamin bahwa hak pilih merupakan hak konstitusional setiap warga negara tidak membedakan status, dan pekerjaanya, semua yang sudah mempunyai e-KTP mempunyai hak pilihnya dengan baik” sambungnya.

Kadis Dukcapil Bengkalis Rinaldi menyampaikan bahwa Jemput bola perekaman data KTP elektronik terhadap 1.564 warga binaan lapas Bengkalis ini mulai dilakukan sejak tanggal 17 hingga 19 Januari 2019, pelayanan yang diberikan kepada warga binaan yang kehilangan KTP, serta belum pernah mengikuti perekaman KTP-el.

“Kita Pemerintah Daerah melalui Dinas Dukcapil senantiasa komitmen dalam melakukan pelayanan perekaman KTP-el ini untuk semua warga masyarakat Kabupaten Bengkalis termasuk warga binaan yang ada di Lapas Bengkalis ini.” Ujar Rinaldi.

Kegiatan yang dilakukan ini tambah Rinaldi, sebagai salah satu langkah kita semua dalam mendukung suksesnya Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden Serentak 2019 mendatang.

Usai melakukan lounching dan penyerahan KTP-el kepada warga binaan, acara dilanjutkan dengan peletakan batu pertama pembangunan musholla Lapas Kelas II A Bengkalis oleh Ka. Lapas Maizar bersama tamu undangan.

Pada kesempatan tersebut, selain kerjasama Disdukcapil dan Lapas, terlihat hadir dan didukung oleh Polres Bengkalis, Kejari Bengkalis, Kemenag Bengkalis, KPU Bengkalis dan Bawaslu Bengkalis.(hms)