DURI (Riaulantang)- Kegiatan perayaan HUT RI di kecamatan Mandau, Sabtu (17/08/19) seperti tak ada hentinya. Begitu usai peringatan detik-detik proklamasi di halaman Kantor Camat Mandau, warga disuguhkan pula dengan kemeriahan pawai HUT RI. Ribuan warga tumpah ruah disepanjang jalan Sudirman Duri dari siang hingga sore ini.

Dilepas Camat Mandau, Riki Rihardi di depan kantor lurah Batang Serosa, Pokok Jengkol Duri, iring-iringan pawai pun melewati Jalan Sudirman. Kepada peserta pawai, Riki yang didampingi Kapolsek, Danramil serta Sekcam M Rusydy berpesan agar warga Mandau terus menjaga kebersihan dan tak membuang sampah sembarangan.

“Kita ingin Mandau menjadi kecamatan terbersih se kabupaten Bengkalis. Untuk.itu jaga kebersihan dan jangan buang sampah sembarangan,” himbau Riki.Himbauan Camat ini disambut antusias warga. Seperti satu komanda warga pun menjawab “Siaapp pak Camat,” ujar warga.

Riki pun tertawa melihat antusias warganya sembari minta hati-hati mengikuti rute pawai hingga Finish di halaman kantor Camat Mandau.

“Hati-hati di jalan. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan hari ini bermanfaat bagi warga. Paling tidak bisa jadi hiburan,” ujarnya lagi.

Sementara itu kemeriahan pawai di sambut antusias warga. Disepanjang rute warga berjejer kiri kanan dan median jalan sembari mengabadikan moment bersejarah itu.

“Ini hiburan dan tontonan bagi kami. Anak-anak kami bawa untuk melihat pawai ini ” ujar Andi warga Stadion yang sengaja datang ke Sudirman untuk melihat kemeriahan pawai HUT RI itu.Sementara itu kemeriahan pawai silih berganti ditampilkan peserta. Penampilan marching band, mulai SD, SMP dan SMA membuat pawai menjadi meriah.

Belum lagi iringan musik daerah dan budaya dari berbagai suku yang membuat meriahkan pawai.

Sejumlah mobil hias bertema HUT RI juga memeriahkan pawai. Ada mobil hias bertema tank baja, rumah ada melayu dan rumah adat melayu.

Suasana meriah terus berlangsung hingga sore ini. Pakaian daerah dan seragam warna warni peserta yang terus memenuhi Jalan Sudirman menjadi tontonan menarik bagi warga. (susi)