DURI (Riaulantang)- Kebakaran ditengah kawasan padat pemukiman terjadi di Jalan Sudirman Gang Pelita RT 03 RW 02 Kelurahan Talang Mandi, Sebanga Duri, Jum’at (29/6/2018) sekira pukul 09.OO WIB. Satu unit rumah semi permanen milik Asma Tadur (65) yang tinggal bersama anak dan cucunya ludes dilalap api. Tidak ada harta benda yang bisa diselamatkan dari musibah kebakaran itu.
Syaiful pemuda setempat yang bertungkus lumus memadamkan api kepada riaulantang.com menjelaskan kobaran api dan asap hitam tiba-tiba terlihat dari rumah ibu Asma. Bersama pemuda dan warga lain, dia coba memadamkan api secara manual. Ada yang mengunakan ember ada juga yang mengunakan air dari slang sumur warga.
“Api dengan cepat merembet membakar rumah. Satu orang anak bu Asma yang tertidur di dalam, Alhamdulillah bisa selamat. Anaknya itu baru tadi malam datang dari Sulawesi dan kecapean hingga tertidur sampai pagi. Untung dia cepat keluar. Namun tak ada yang bisa terselamatkan. Dia hanya tercenung keluar dengan pakaian melekat di badan,” jelas Syaiful.
Diungkapkan Syaiful kekabaran itu juga merembet ke rumah Mulyadi yang bersebelahan dengan rumah Asma dan rumah tetangga dibelakang. Namun kedua rumah itu bisa diselamatkan. Hanya jilatan api yang sampai ke dinding rumah.
“Api sempat menyilat rumah Mulyadi dan rumah yang dibelakang, namun bisa diselamatkan karena warga gotong royong memadamkankan kebakaran dan akhirnya datang bantuan dari Fire Kecamatan,” jelas Syaiful yang ikut memadamkan api dengan mengambil slang air dari mesin air tetangga.
Dikatakannya lagi, warga sangat prihatin dengan musibah kebakaran yang menyebabkan Asma harus kehilangan rumahnya. Untuk itu warga secara swadaya berencana mengumpulkan sumbangan untuk membantu meringankan derita ibu itu.
“Setelah Jumat ini kami akan turun mengumpulkan sumbangan untuk ibu Asma,” ujarnya.(susi)