PINGGIR (Riaulantang) – Meski di guyur hujan, Bupati Bengkalis Amril Mukminin bersama Kapolres Bengkalis AKBP Yusup Rahmanto, Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf. Timmy Prasetyo, Kadis PMD H Yuhelmi, Camat Pinggir Toharuddin dan beberapa orang Kepala OPD, tetap meninjau langsung pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang dilaksanakan di Kecamatan Pinggir dan Kecamatan Bathin solapan, Rabu (31/10).

Sedikitnya ada dua Desa yang ditinjau langsung Bupati Bengkalis dan rombongan, di antaranya Desa Muara Basung mulai dari TPS 1, TPS 2, TPS 3, dan TPS 4, Daftar Pemilihan Tetap (DPT) sebanyak 5. 178 jiwa dengan jumlah 15 TPS. Ada 2 calon Kades di Desa Muara Basung yakni Muhammad Rahim dan Akhyar Mukminin.

Usai peninjauan di kecamatan Pinggir, Amril Mukminin dan rombongan langsung menuju Desa Balai Makam Kecamatan Bathin Solapan, tepatnya di TPS 04, TPS 09 dan 10. sebanyak 3.338 DPT, dengan jumlah 11 TPS dan 4 Calon Kades dari desa Balai Makam yakni, Agushar, Zulkarnain, Migran Denny dan Harsaja Mulyadi , sedangkan Desa Bumbung di TPS 06 sebanyak 5 calon , Abdul Razak, Wira Hadi Kusuma, Safrizal, Amiruddin, dan Syahrial.
Walaupun diguyur Hujan, Bupati Bengkalis tetap melanjutkan peninjauan.

“Karena ini hajatnya masyarakat, dan masyarakat selalu antusias, jadi kita harus pastikan proses pemilihan berjalan aman, damai dan kondusif,” kata orang nomor satu di Kabupaten Bengkalis tersebut.
Amril menghimbau siapapun yang berhasil menang jangan sampai ada pertikaian diantara pendukung, apalagi sampai bermusuhan. “Jangan sampai ada berselisih faham, karena beda pilihan itu wajar, yang kalah harus menerimanya dan yang menang tentu harus siap dengan tugas kedepan,” tuturnya.

Kepada panitia sambung Amril, harus bersifat adil dan netral, jangan sampai melakukan kecurangan-kecurangan. Apalagi para petugas keamanan harus betul-betul menjaga keamanan agar pemilihan ini tidak tercederai oleh hal yang tidak diinginkan.(susi)