DURI (Riaulantang)- 40 pengajar dari 17 sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kecamatan Pinggir, mengikuti pelatihan pemanfaatan sampah rumah tangga yang didukung PT. Chevron PacificIndonesia (PT. CPI), Rabu (14/11). Kegiatan yang menghadirkan salah satu kelompok binaan PT. CPI,
Bank Sampah Pematang Pudu Bersih (BSPPB), tersebut dilaksanakan di Sekolah Yayasan Mutiara Duri.

“Tahap pertama, kami berharap pelatihan ini dapat membantu para guru berbagi pengetahuan tentang pengelolaan sampah secara sederhana dan gaya hidup bersih bagi anak didik sejak dini,” kata Manager PGPA Assets North PT. CPI Rudi Arief.

Tahap berikutnya ungkap Budi, menciptakan kesadaran dan kepedulian masyarakat melalui para guru, anak didik dan orang tua terhadap pentingnya pengelolaan sampah rumah tangga untuk menjaga kebersihan dan kelestarianlingkungan, serta pemanfaatannya secara ekonomi.

Dalam acara ini, pengelola BSPPB Lambas Hutabarat menerangkan pentingnya memilah sampah sebelum diolah, ditabungkan ke bank sampah, dan dikreasikan menjadi produk-produk bernilai ekonomis.

Dalam sesi praktik, para fasilitator dari BSPPB juga mengajarkan cara memilah sampah organik dan anorganik, membuatproduk-produk ramah lingkungan seperti kertas daur ulang, serta tas dan dompet kemasan plastik.

Jusmaniar, Pengawas TK dan PAUD Rayon 1 Kecamatan Pinggir, menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan PT. CPI dan BSPPB sehingga pelatihan ini dapat terlaksana.

Dia mengharapkan para guru yang mengikuti pelatihan ini dapat menjadi pelopor pengelolaan sampah yang baik di tengah-tengah masyarakat dan dapat berbagi ilmu dengan anak didiknya demi melahirkan generasi masa depan yang peduli terhadap lingkungan yang bersih dan sehat.

Bank Sampah merupakan bagian dari program investasi sosial PT. CPI di bidangblingkungan untuk pengelolaan dan daur ulang sampah rumah tangga.

Program ini bertujuan meningkatkan pendapatan warga sekaligus melakukan upaya menjagabkebersihan lingkungan di Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau.

“PT. CPI akan terus memberikan perhatian dan dukungan terhadap penguatankapasitas program Bank Sampah Pematang Pudu Bersih,” kata Manager Corporate unications PT. CPI Sonitha Poernomo seraya berjanji akan mencari peluang untukmereplikasi program yang sama di daerah lain di sekitar wilayah operasi PT. CPI.(rilis)