BENGKALIS (Riaulantang)- Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi ke-74 Republik Indonesia (RI) di Lapangan Tugu Bengkalis, Sabtu (17/8/19) berlangsung khidmat dan sukses.
Bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati Bengkalis, Amril Mukminin. Sementara Perwira Upacara di percayakan kepada Bati Pres Dim 0303 Bengkalis Pelda Erli dan Komandan Upacara, Paso Ops Dim 0303 Bengkalis Kapten Inf Mudhoyo Sanchoko.

Tepat pukul 9.45 WIB pagi, raungan sirine selama 60 detik dibunyikan tanda Detik-detik Peringatan Proklamasi Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan RI dimulai.

Setelah itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, H Indra Gunawan Eet langsung membacakan teks naskah Proklamasi kemerdekaan yang dulu dibacakan oleh Proklamator, Ir Soekarno dan Hatta.

Usai pembacaan teks naskah Proklamasi dilanjutkan dengan pembacaan do’a oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Bengkalis dan Pengibaran Bendera Sang Saka Merah Putih oleh Paskibraka.Seremonial Pengibaran Sang Saka Merah putih mendapat perhatian yang luas dari para peserta upacara.

Terdiri 75 orang putra dan putri Paskibraka dengan satu pembawa baki, Nasywa Salsapido sukses menerima Bendera dari Inspektur Upacara dari panggung kehormatan dan kembali ke lapangan untuk mengibarkan Bendera Merah Putih.
Tugas tersebut berjalan dengan baik dan lancar hingga Sang Saka Merah Putih berkibar megah di tiang Bendera.

Sementara pasukan upacara Detik-detik Proklamasi terdiri dari TNI, Polri, PGRI, Organisasi Kemasyarakatan, ASN di Lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Siswa Siswi SD, SLTP dan SLTA sederajat di Kabupaten Bengkalis mengikuti prosesi upacara dengan antusias dan khidmat.(evi)