PEKANBARU (Riaulantang) – Pemerintah Daerah Provinsi Riau dalam hal ini Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar Rapat Koordinasi Rencana Pembangunan Jaringan Distribusi Gas Bumi Untuk Rumah Tangga, bertempat di Aula Dinas ESDM Riau, Kamis (4/4/19).

Bupati Bengkalis yang diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Bengkalis, H Heri Indra Putra, di dampingi Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Aulia Army Effendy, terlihat hadir diacara itu.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Riau Indra Agus Lukman, bertujuan untuk menyiapkan kelengkapan usulan untuk menerima distribusi Jaringan Gas untuk rumah tangga di Provinsi Riau.

Dalam sambutanya Indra menjelaskan “Adapun yang menjadi titik pembangunan jaringan gas untuk rumah tangga ini untuk sementara tersedia di 8 Kabupaten/Kota di Provinsi Riau, dikarenakan sudah memiliki jaringan Sumber Gas, yang nantinya dapat kami kembangkan menjadi jaringan gas untuk rumah tangga.

“Untuk saat ini untuk Kota Dumai dan Kota Pekanbaru sudah dilaksanakan dan mulai beroprasi, dikarenakan sudah tersedianya jaringan pipa sumber gas. Nanti akan menyusul di beberapa kabupaten yang dilalui jaringan pipanya” ujarnya.

Kemudian pada kesempatan yang sama kepala Dinas ESDM melaporkan bahwa di Kabupaten Indragiri Hulu sedang dibangun Pabrik Hilirisasi Batu Bara menjadi Dimethyl Ether (DME) di Tambang Bukit Asam yang nantinya akan menjadi sumber energy baru di Provinsi Riau.

“Kami tengah mengembangankan pembangunan pabrik DME di Kabupaten Indragiri Hulu ini adalah salah satu alternatif energy di masa datang dan Inshaallah menjadi Proyek Nasional dan akan dirasakan manfaatnya setelah 2 tahun kedepan”.

Diakhir sambutan Indra mengatakan semua usulan hasil dari rapat ini akan kami kembangkan dan akan di bahas pada Musrenbang tingkat Nasional.

Saat diwawancarai, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Bengkalis, H Heri Indra Putra mengatakan Kabupaten Bengkalis akan selalu berupaya dan siap berkoordinasi untuk melengkapi persyaratan. Agar Wilayah Bengkalis yang dilewati pipa gas induk bisa di distribusikan langsung kepada masyarakat, khususnya di wilayah Duri. (susi)