PEKANBARU (Riaulantang)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau optimistis tingkatpartisipasi pemilih pada pemilihan legislatif (pilieg) dan pemilihan presiden (pilpres) mencapai angka diatas 70 persen.

Hal itu didasarkan pada tingkat partisipasi pemilih pada pemilihan Gubernur (Pilgub)tahun 2018 dan pemilu legislatif (pileg) tahun 2014 lalu.

Komisioner KPU Riau Muhammad Ilham Yasir yang ditemui,Rabu (09/01/2019) menyebutkan bahwa pileg DPRD Kabupaten dan Kota,DPRD Provinsi, DPR RI, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dan pemilihan presiden (pilpres) tahun ini diyakini akan meningkat.

KPU mentargetkan angka diatas 70 persen, berdasarkan hitungan pada pilgub tahun 2018dimana partisipasi pemilih mencapai 73 persen.

“Target kita tingkat partisipasi pemilih mencapai 70persen lebih. Angka tersebut sangat realistis karena KPU Riau sendiri sudah melakukan sosialisasi ke kabupaten dan kota di Riau termasuk melakukan berbagai kegiatan dalam rangka mensosialisasikan pesta demokrasi lima tahunan tersebut,”papar Ilham.

Soal total pemilih yang terdata, mantan wartawan itu menyebutkan angka 3,8 juta lebih pemilih tersebar di 12 kabupaten dan kota se-Riau. Apalagi pileg kali ini dilakukan serentak dengan pemilihan presiden, dimana KPU Riau meyakini kesadaran masyarakat Riau akan semakin meningkat.

Disinggung persiapan sendiri, Ilham mengaku mulai Maretsampai dengan jelang hari H tanggal 17 April semua kebutuhan sudah terdistribusikan keseluruh kabupaten dan kota di Riau. Mulai dari kotak suara, kertas suara hingga kesiapan petugas atau panitia pemilihan sendiri dari tingkat PPS sampai kabupaten dan kota. Karena pemilu kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,ada pilpres yang pasti akan menarik animo masyarakat.

“Sesuai dengan schedulle atau tahapan pemilu legislatif dan presiden, beberapa hari menjelang hari H semua kebutuhan atau logistik sudah dapat diditribusikan, hingga ke daerah terpencil sekalipun. Mudah-mudahan pemilu kali ini di Riau berjalan lancar serta sesuai dengan tahapan,”ujar Ilham mengakhiri.(afa)