Kegiatan literasi keluarga di PAUD Terpadu Nur Ramadani Duri

Oleh : Peni Wulandari.S.Psi

DURI (Riaulantang)- Usia 0 – 5 tahun merupakan masa emas perkembangan seorang anak. Hal ini karena masa lima tahun pertama usia anak adalah masa kritis dimana merupakan masa yang menjadi basis, landasan, dan fondasi berbagai aspek perkembangan. Pengalaman pertama akan dialami anak diusia ini, dan akan terekam kuat di alam bawah sadar mereka.

Diantara pengalaman yang ingin diberikan kepada anak adalah kegiatan membaca buku, melalui pembiasaan yang dilakukan oleh keluarga. Keluarga merupakan bagian terpenting dalam mengembangkan literasi anak sejak dini.

Pola pengasuhan orangtua yang menjadikan kegiatan membaca sebagai hal yang rutin dan terjadwal akan sangat memberikan pengaruh positif terhadap minat baca dan pembentukan karakter anak dikemudian hari.

Paud Terpadu Nur Ramadhani, bersama orangtua murid mulai bergerak untuk ikut serta dalam kegiatan literasi keluarga.

Dilaksanakan di perpustakaan sekolah pada hari Jumat, 6 Oktober 2018 kegiatah literasi keluarga itu pun dilaksanakan. Dengan tema “Membaca, Kegiatan Menyenangkan Bersama Keluarga. 10 Menit Berkualitas melalui mrmbaca buku bersama ayah bunda, kegiatan itu disambut antusias ayah bunda. Ayah bunda bersama putra putrinya larut dalam kegiatan bersama yang menyenangkan itu.

“Kegiatan literasi keluarga ini merupakan lanjutan Gernas Baku 5 Mei 2018 lalu. Kami Paud Terpadu Nur Ramadhani masih menunggu dan sangat berharap bantuan buku buku yang disampaikan bunda Paud Bengkalis di acara Gernas Baku yang disampaikan ke Kabid Paud Dinas Pendidikan. Karena sangat membantu dalam mengembangkan minat baca dan kemampuan literasi anak dengan adanya berbagai jenis buku bacaan. Membaca menjadi kegiatan menyenangkan bersama keluarga,” ujar Peni Wulandari.(advertorial)

Kegiatan membaca bersama Bunda