BENGKALIS (Riaulantang) – Pemerintah Kabupaten Bengkalis melaksanakan kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) pembahasan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Bengkalis 2020, di Aula Kantor Bupati Lantai 4, Rabu (20/3/2019). Kegiatan Musrenbang ini merupakan agenda kegiatan tahap lanjutan yang sebelumnya telah diawali dengan rangkaian Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat Dusun, Desa, Kelurahan dan Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis.

Musrenbang tingkat Kabupaten Bengkalis dibuka langsung oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin. Dalam kesempatan tersebut turut hadir Gubernur Riau diwakili Kepala Bappeda Provinsi Riau Rahmad Rahim, Ketua DPRD Kab. Bengkalis Abdul Kadir, Anggota DPRD Kab. Bengkalis, Hendri, dr. Morison Bationg Sihite, dan Syaukani.
Dalam penyampaiannya Bupati Amril Mukminin mengatakan Persoalan infrastruktur khususnya jalan menjadi agenda penting untuk dibenahi oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis, saat ini Kabupaten Bengkalis memiliki ruas jalan nasional dengan panjang 77,01 Km, ruas jalan provinsi 207,23 KM dan ruas kabupaten 1.257.23 KM dalam upaya tersebut dibutuhkan dukungan dari semua pihak, baik dari pemerintah pusat maupun Provinsi Riau.

“Kita berharap untuk tahun depan ada peningkatan status jalan, dari jalan kabupaten menjadi jalan Provinsi terutama dipulau – pulau terluar Provinsi yakni Bengkalis dan pulau Rupat sebagaimana termaktub dalam keputusan presiden nomor 6 tahun 2017 tentang penetapan pulau pulau kecil terluar,” Ungkapnya.

Lanjut Bupati Musrenbang RKPD Kabupaten Bengkalis tahun 2020 ini dapat dijadikan dasar dan masukan untuk penyusunan perencanaan pembangunan yang lebih baik dan berkualitas. Untuk itu prinsip-prinsip keterpaduan, kolaborasi dan koordinasi antar berbagai pihak dalam perencanaan pembangunan menjadi penting sehingga perencanaan yang disusun benar-benar menyentuh dalam mengatasi berbagai isu dan tantangan yang dari waktu ke waktu semakin kompleks”,tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua DPRD Abdul Kadir mengingatkan harus ada kebersamaan dan kekompakan dalam membangun daerah, termasuk semua SOPD di bawah pimpinan Bupati Bengkalis. OPD harus melihat dan membaca visi dan misi yang tertuang dalam RPJMD yang harus dicapai. “Jaga kebersamaan dan kekompakan,” harap Kadir

Pihaknya juga menyampaikan harapan masyarakat Bengkalis terhadap Gubernur yang baru dilantik.
‘Untuk membangun daerah ini tidak cukup dengan dana APBD Kabupaten saja, kita perlu dana Provinsi, yang begitu besar yang bisa di bawa ke daerah. Kita berharap kepada bapak Plt. Bappeda Provinsi Riau bisa menyampaikan kepada Gubernur, kami masyarakat Kabupaten Bengkalis punya harapan baru terhadap Gubernur supaya untuk diperhatikan daerah-daerah yang berada dipesisir, dan pulau-pulau terluar yang mengalami abrasi pantai. Jalan-jalan provinsi di daerah mohon diperbaiki. Dalam hal membangun daerah, kita berharap bahwa tidak saja infrastruktur yang kita perhatikan, kita juga harus memperhatikan perkembangan ekonomi,” ujarnya.

Disampaikan Kadir APBD yang mengarah untuk menggerakan sektor ekonomi, ekonomi makro, ekonomi kreatif yang perlu dkembangkan. Demikian juga tenaga kerja yang di rekrut di daerah yang punya SDM yang bisa kita manfaatkan.

“Kembangkan ekonomi kreatif yang bisa menaikkan roda perekonomian masyarakat,” harapnya.(skw)