SURABAYA (Riaulantang)- Tujuh delegasi PWI Bengkalis di bawah komando Ketua Alfisnardo hadiri peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2019 di Surabaya 7 Februari hingga 10 Februari 2019 ini. Tujuh utusan PWI Bengkalis dari daerah Duri, Bengkalis dan BukitBatu itu bergabung bersama delegasi PWI kabupaten/kota di Riau serta 45 rombongan ketiga PWI Riau berangkat menuju Surabaya, Kamis pagi (07/02/19) mengunakan pesawat Lion Air JT983. Namun penerbangan para jurnalis ini tak semulus yang dibayangkan.

Jadwal 2,5 jam penerbangan ternyata harus di tempuh selama 6 jam penerbangan. Ini lantaran pengalihan pendaratan dari Bandara Internasional Juanda Surabaya ke ke Bandara Internasional Lombok,disebabkan kerusakan landasan pacu Bandara Internasional Juanda.

Akibatnya rombongan tertunda beberapa jam untuk sampai ke Surabaya. Kendati demikian penerbangan yang sempat singgah ke bandara Lombok ini selamat sampai ke Surabaya.

Ketua Alfisnardo menyampaikan bahwa kehadiran delegasi PWI Bengkalis ke peringatan HPN di Surabaya tak hanya sekedar mengikuti rangkaian kegiatan HPN tapi juga untuk mengetahui lebih detail kebijakan komunitas wartawan Indonesia tahun 2019. Ini nanti agar bisa diimplemantasikan kepada seluruh anggotanya.

“Hari pers nasional akan melahirkan kebijakan dari pemerintah maupun unsur pers mengenai kondisi dunia jurnalistik saat ini. Makanya kita hadir ke Surabaya hari ini,” jelas Alfis disela gala dinner HPN di Hotel JW Marriot, Kamis malam (07/02/19).

Dikatakannya tujuh orang pengurus sengaja diikut sertakan ke Surabaya agar dapat menambah wawasan tentang kondisi pers terkini. Kebetulan pengurus yang ikut ke Surabaya merupakan pengurus yang baru dilantik dua bulan lalu. Mereka diharapkan dapat bersosialisasi dengan insan pers se Indonesia yang tengah berkumpul di Surabaya.

“Moment HPN 2019 ini bisa menjadi tempat belajar buat para pengurus. Apalagi setiap HPN selalu memunculkan kebijakan baru yang harus di ketahui oleh seluruh wartawan,” jelasnya.

Tujuh pengurus PWI yang hadir ke peringatan HPN di Surabaya itu diantaranya Alfisnardo (antaranews.com), Susi Yanti, Bambang Gusfryadi (Riaulantang.com), Mazwin, Erwin Syahputra (Posmestro), Adi Putra (Rakyat Riau) dan Darmayanto (nadariau.com). (susi)