DURI (Riaulantang) – Tiga unit rumah petak di di Jalan Damai, Gang Rahayu, RT 04, RW 02, Kelurahan Gajah Sakti, Kecamatan Mandau, Bengkalis, Selasa (5/2/19) sekira pukul 11.16 WIB ludes dilalap si jago merah. Akibat tiga Kepala Keluarga (KK) yang menghunj rumah itu harus kehilangan harta bendanya.

Sejumlah saksi mata dilapangan menyebutkan api pertama kali berkobar dari atas plapon depan rumah yang dihuni Budi (35). Saat itu Budi tidak berada dirumah. Sementara itu dua dari tiga rumah tersebut, masing masing istrinya tengah berada diluar Kota.

Kondisi rumah yang kosong sempat membuat panik warga sekitar Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk membantu memadamkan api. Kobaran api baru dapat dikendalikan dua regu Pemadam kebakaran dengan dua unit mobil setelah satu jam setengah berjibaku menjinakkan sijago merah.

“Api berhasil kita jinakkan satu setengah jam kedepan. Posisi rumah yang terbakar dan sempitnya jalan menjadi kendala lambatnya proses pemadaman. Diduga penyebab kebakaran akibat arus pendek listrik yang berada diatas plapon bahagian depan rumah salah satu penyewa,”terang Danru Damkar II, Joko.

Sementara itu banyaknya warga yang menonton kebakaran itu membuat membuat orang orang yang tidak bertanggung jawab, leluasa melakukan aksi yang tidak diinginkan. Sempat terjadi ketegangan antara penyewa rumah dengan masyarakat lainnya.

Hingga berita ini diturunkan, petugas Damkar Kecamatan Mandau masih tampak sibuk melakukan pendinginan bangunan.(bambang)