SIAK KECIL (Riaulantang) – Tiga desa di Kabupaten Bengkalis bersama lima desa lainnya di Provinsi Riau menerima bantuan mesin pompa air pemadam Kebakarah Hutan dan Lahan (Karhutla) dari Kepala Staf Kepresidenan Jend (Purn) Moeldoko Jumat, 22 Februari 2019.

Mesin pompa air tersebut diserahkan kepada 8 desa. Diantaranya Desa Sungai Nibung Kecamatan Siak Kecil, Desa Bandar Sungai Kecamatan Sabak Auh, Desa Tasik Serai Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis.

Kemudian Desa Kota Ringin Kecamatan Mampura Kabupaten Siak, Desa Lukun Kecamatan Tebing Tinggi Timur Kabupaten Kepualan Meranti, Desa Tanjung Peranap Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Meranti serta Desa Mundam dan Desa Pelintung Kecamatan Medang Kampai Kota Dumai.

Penyerahan mesin pompa air tersebut langsung dilakukan Jend Moeldoko saat tiba di Desa Sungai Nibung Kecamatan Bengkalis pada Kunjungan Kerja (Kuker) nya bersama rombongan. Kemudian pada kesempatan itu juga Jend Moeldoko memberikan apresiasi kepada Gubernur Riau, Bupati Bengkalis, pihak terkait serta masyarakat atas berkurangnya Karhutla di Kabupaten Bengkalis.

“Alhamdulillah semua berjalan baik disini. Kebakaran tidak lagi menjadi bencana nasional. Tak ada lagi komplain negara luar, Singapura dan Malaysia. Saya mewakili pemerintah pusat mengapresiasi Gubernur, Bupati, pihak terkait dan yang tidak kalah penting juga peran masyarakat,” tuturnya.

Tiba pukul 15.35 WIB, Jend Moeldoko bersama Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG) Republik Indonesia Nazir Foead dan didampingi Gubernur Riau Syamsuar serta rombongan langsung disambut Bupati Bengkalis Amril Mukminin dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Dalam sambutannya Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengucapkan kegembiraannya atas kehadiran Jend Moeldoko bersama rombongan ke kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.

“Atas nama pribadi, masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, kami mengucapkan selamat datang kepada Bapak Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko beserta rombongan yang telah menyempatkan diri untuk melakukan kunjungan kerja,” ucap Mantan Kepala Desa Muara Basung ini.

Kemudian Bupati Bengkalis Amril Mukminin berharap melalui kunjungan kerja ini, setelah melihat secara langsung pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Bengkalis khususnya di bidang pertanian, Pemerintah Pusat dapat merumuskan kebijakan untuk membantu pembangunan di Kabupaten Bengkalis. (dwi)