DURI (Riaulantang) – Kisah Riri (bukan nama sebenarnya) dara manis lulusan Universitas ternama di Riau ini bisa menjadi inspirasi bagi kalangan milenial. Bahwa tak ada yang tak mungkin kalau kita berusaha dan tak perlu malu untuk mendapatkan rezeki yang halal.

Pertemuan dengan Riri berawal ketika Riaulantang.com memesan makanan melalui aplikasi ojek online (Ojol) di Duri. Tak menunggu lama, menu yang dipesan pun sampai. Ternyata yang mengantar seorang driver muda berparas manis dan mengenakan hijab. Tapi tetap mengunakan jaket kebesaran ojolnya.

Terkesima dengan penampilan driver ojol ini, Riaulantang.com pun mengajak Riri duduk dan berbincang sembari menawarkan minuman dingin. Namun tawaran ini ditolak halus oleh Riri.

Perbincangan dengan Riri pun dimulai. Ternyata dara manis ini seorang Sarjana tamatan Universitas terkemuka di Riau, dengan jurusan yang tidak main-main pula.

Dikatakannya, kalau dia baru menyelesaikan kuliahnya dan sudah menyandang Sarjana dalam beberapa bulan terakhir. Dia menyebutkan kalau sudah membuat sejumlah lamaran pekerjaan untuk perusahaan-perusahan.

“Sudah buat lamaran pekerjaan tapi belum ada panggilan. Sembari menunggu bergabung saja di Ojol,”tuturnya, sembari malu-malu.

Saat ditanya mulai dari jam berapa sampai jam berapa menjalankan aktivitas di ojol, Riri menjelaskan tidak menentu dan tidak ada patokan.

“Kapan mau online baru aktif. Kalau tidak ya di Offline kan aja. Tidak ada patokan, tergantung keinginan saja,”ungkapnya.

Sikap yang ditunjukkan Riri, paling tidaknya dia tidak mau pasrah dengan keadaan. Dengan pengetahuan dan fasilitas yang ada, dia bisa menghasilkan pemasukan yang dia tentukan sendiri. Mungkin ini salah satu contoh saja yang terekam disekitar kita. Bahwa milenial butuh lapangan kerja.

Diakhir obrolan, Riri pamit dengan sopan. Walau sudah ditawari minuman berkali-kali namun dia tetap menolak dengan kesederhanaannya. Sikapnya menunjukkan bahwa Millenial itu tidak butuh belas kasih, yang mereka butuhkan kesempatan untuk berkarya dan bekerja.(bambang)