DURI (Riaulantang)- Membludaknya layanan di kantor Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Discapilduk) Mandau, Jalan Sudirman Duri Kamis (21/02/19) membuat petugas kewalahan. Warga yang datang saling berebutan untuk mendapatkan antrian. Akibatnya hiruk pikuk pun tak terelakkan.

Tak sanggup menghadapi warga yang berebutan dan heboh ini, pihak UPT pun kemudian meminta bantuan petugas satpol PP Mandau. Tujuannya agar warga tertib dan tak heboh di kantor pemerintahan itu.

“Kita kewalahan menghadapi warga yang tak sabar ini. Mereka ribut dan heboh. Makanya kita minta bantu satpol PP untuk menertibkan hal ini,” jelas Kepala UPT Disdukcapil Irdawati.

Dikatakannya, Disdukcapil berusaha memberi layanan terbaik kepada masyarakat. Makanya diberlakukan sistem antrian agar tertib melayani. Namun sayangnya masalah nomor antrian ini kerab dihebohkan warga hingga Discapilduk menjadi kewalahan.

“Antrian ini kita buka pukul 07.30 WIB. Sebelum jam itu kita tak layani. Ini yang perlu dipahami warga,” jelas Irdawati lagi.

Dikatakanya warga tak perlu ragu untuk mendapatkan layanan Discapil jika sudah mendapat antrian karena saat ini ketersediaan blangko KTP sudah memadai. Hanya saja terkadang sistem jaringan yang tak mendukung hingga pencetakan KTP menjadi terkendala.

“Tak perlu ragu dengan ketersediaan blangko. Saat ini blangko ada. Tapi jaringan yang bermasalah. Makanya kita harap warga sabar dan bisa paham kondisi ini. Kita tak ingin mempersulit urusan warga kok. Kalau bisa siap hari ini kenapa harus di tunda pula,” tegasnya. (susi)