BENGKALIS (Riaulantang) – Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Kesehatan terus melakukan berbagai upaya konkrit untuk menurunkan angka kematian. Termasuk akibat kanker leher rahim dan payudara.Untuk itu, saat ini sudah ada 4 Puskesmas yang telah memiliki alat krioterapi dengan tenaga medis dan paramedis yang dilatih.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis Ersan Saputra TH melalui Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Alwizar mengatakan, keempat Puskesmas di maksud adalah Puskesmas Bengkalis (Kecamatan Bengkalis), Batu Panjang (Rupat), Duri Kota (Mandau) dan Muara Basung (Pinggir).

“Nanti bertambah menjadi 5 Puskesmas. Satu lagi Puskesmas Lubuk Muda (Siak Kecil). Untuk Puskesmas Lubuk Muda saat ini sedang rehab ruangan khusus IVA Test,” jelas Alwizar, Senin, 11 Maret 2019.

Bagi ibu-ibu yang positif IVA pada saat dilakukan IVA Test, imbuh Alwizar, dapat memperoleh pelayanan di Puskesmas-Puskesmas tersebut.

“Kami akan menerbitkan SK (Surat Keputusan) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis yang menunjuk 5 Puskesmas tersebut sebagai pusat rujukan pelayanan krioterapi dari Puskesmas terdekat dalam satu tahun ini,” jelasnya.

Masih menurut Alwizar, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis akan mengadakan sebanyak 14 unit krioterapi.

“Artinya sampai akhir tahun 2019, insya Allah sudah semua Puskesmas mampu melayani krioterapi,” tutup Alwizar(dwi)