PEKANBARU (Riau Lantang) – Setelah menunggu sebulan sejak diresmikan,akhirnya sertifikat laik pakai jembatan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah atau dikenal dengan nama jembatan Siak IV diteken Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI. Direncanakan, setelah sertifikat keluar, dalam beberapa hari kedepan jembatan tersebut bakal dibuka untuk umum.

Kepastian sertifikat laik pakai itu sudah turun dari kementerian dibenarkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang(PUPR) Riau Dadang Eko Purwanto. Menurutnya pihak kementerian PUPR mengeluarkan setifikat laik fungsi jembatan Siak IV, tanggal 14 Maret 2019, dan pihaknya akan segera memfungsikan jembatan tersebut untuk dilalui lapisan masyarakat umum.

“Sertifikat laik pakai sudah turun dari kementerian PUPRdi Jakarta. Tentunya jembatan itu akan segera dibuka untuk seluruh lapisan,”ungkap Dadang, Jumat (15/03/2019).

Soal kapan kepastian bisa dilalui kendaraan, ia mengemukakan akan menyerahkan hal tersebut kepada Gubernur Riau,apakah akan dilakukan opening ceremony atau langsung dapat dilintasi kendaraan. Artinya penggunaan jembatan tersebut menunggu persetujuan Gubernur Syamsuar, karena secara tekhnis sudah tidak ada masalah lagi.

Dilanjutkan Dadang, Kementerian PUPR juga mengingatkan kepada pemprov Riau khususnya DInas PUPR untuk memperhatikan hal tekhnis soal jembatan tersebut, seperti pemeriksaan kondisi jembatan secara berkala, pemeliharaan/manual maintenance dan hal lainnya harus dilaporkan ke Kementerian setiap tahunnya.

“Akhirnya jembatan yang menghubungkan kecamatan Rumbai dengan pusat Kota Pekanbaru itu sudah memenuhi persyratan secara tekhnis untuk dilewati. Mudah-mudahan dalam beberapa hari kedepan sudah dapat dibuka untuk umum,”tambah Kadis PUPR Riau tersebut.(afa)